Gerakan Kemanusiaan, 93 Food Court Gelar Aksi Donor Darah

Peduli kemanusiaan 93 Food Court menggelar donor darah. Gerakan kemunusiaan itu mengambilnya tema “Setitik Darah Menyatukan Semangat”.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID — Cafe 93 Food Court menyelenggarakan kegiatan donor darah. Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Nunukan Syafarudin yang mewakili Plt. Bupati Nunukan H Faridil Murad, membuka secara resmi kegiatan donor darah di Cafe 93 Food Court, Minggu (18/10).

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan pertama kali diadakan oleh Cafe 93 ini mengambilnya tema “ Setitik Darah Menyatukan Semangat”.

Baca Juga: Pacu Pendidikan, Bupati Nunukan Kembali Tingkatkan 2 Sekolah Filial Jadi Negeri

Membacakan sambutan Plt Bupati Nunukan, Syafarudin mengatakan bahwa Slogan PMI “Detetes Darah Anda, Nyawa Bagi Sesama” serasa begitu sarat makna bagi kemanusiaan. Ketika ada orang sakit dan membutuhkan transfusi darah, maka saat itu pula ingatan akan tertuju pada Palang Merah Indonesia.

Pada saat kritis, saat dimana ada pasien yang membutuhkan tambahan darah dalam waktu sesegera mungkin, tidak bisa dihitung lagi berapa nyawa yang sudah terselamatkan karena tambahan darah ini.

“Saat ini kita akan mengikuti aksi donor darah yang diinisiasi oleh 93 food court Nunukan. Selaku pribadi dan pemerintah daerah kabupaten Nunukan, saya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada management 93 food court yang juga memiliki semangat yang sama dengan slogan PMI tersebut. ini adalah wujud bukti kepedulian dari dunia usaha untuk aksi aksi kemanusiaan yang ada di sekitar kita,” ucap Syafarudin.

Baca Juga: Ulang Tahun PMI di Nunukan, Ini Kegiatannya

Lebih lanjut Syafarudin berharap kiranya Menjadi aksi kepedulian dari 93 food court ini dapat terus diperlihara, dipertahankan sehingga sebagai sebuah badan usaha yang bergerak untuk mendapat profit, ada sisi nilai-nilai sosial dan kemanusiaan yang juga tidak ditinggalkan. Kedepan diharapkan kiranya kreatifitas dan sensitifitas 93 food court terhadap lingkungan sekitar dapat terus dikembangkan dalam bentuk yang lainnya.

“Berkaitan dengan Pandemi Covid – 19 yang hingga saat ini masih harus kita waspadai, Saya berpesan kepada segenap dunia usaha, tak terkecuali 93 Food Court untuk dapat tetap menerapkan dan patuh kepada protokol kesehatan. Memang harus kita ketahui bahwa perputaran perekonomian tetap harus kita wujudkan dan jaga sehingga masyarakat dapat terus melakukan aktifitasnya, namun demikian protokol kesehatan terhadap percepatan penanganan Covid – 19 juga kita harus perhatikan’, tambah Syafarudin.

Baca Juga: Pemkab Nunukan Terima Dua Penghargaan dari BPKP

Lebih lanjut disampaikan sewaktu diresmikan, berdirinya 93 food court menjadi salah satu penanda penerapan New Normal dalam rangka pemulihan ekonomi di tengah pandemi di Kab. Nunukan.

” Saya percaya hal tersebut masih konsisten kita terapkan bersama oleh management ataupun dari pengunjung sendiri, sehingga secara tidak langsung selain berjalannya aktifitas perekonomian di tempat ini, juga dapat menjadi ajang sosialisasi yang efektif terhadap gerakan 3 M sebagai inti dasar protokol kesehatan, Yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak”, ujar Syafarudin.

Baca Juga: Pemkab Nunukan Bantu Bertahap Pemasangan SR Keluarga Prasejahtera

Selanjutnya, dalam wawancara Manajer 93 food court Robyanti menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini akan dilaksanakan setiap seminggu sekali, berkolaborasi dengan beberapa elemen yang terkait.

” Bagaimana bisa membantu warga masyarakat Kab. Nunukan di wilayah perbatasan, bahwa kita ketahui stok darah di PMI itu kadang kosong atau kita kesulitan untuk mendapatkannya, makanya kita mengadakan kegiatan donor darah ini, kegiatan hari ini yang mengikuti donor darah sebanyak 50 orang terdiri dari karyawan BUMN, unsur Forkopimda dan masyarakat umum yang ada di kabupaten Nunukan”,.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu unit transfusi darah yakni Palang Merah Indonesia (PMI), selain dengan mendonorkan darah kita juga ingin meningkatkan rasa kepedulian sosial dari masyarakat umum dan karyawan 93 food court sendiri supaya lebih terdorong untuk berbagi dan membantu sesama,” ujar Robyanti.(hms/adi)

Leave a Reply