Menekan Stunting, Pemkab Enrekang Evaluasi Program Gammara’Na

Percepatan pencegahan dan penanggulangan stunting di Kabupaten Enrekang gelar rapat evaluasi pelaksanaan program pendampingan gizi “Gammara’Na”.

ENREKANG, NEWSURBAN.ID — Gerakan Masyarakat Mencegah Stunting singkatan dari Gammara’Na merupakan program inovasi sulsel menekan stunting dengan mengahdirkan pendampingan Gizi di wilayah lokus.

“Program unggulan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam mempercepat penurunan stunting dengan menghadirkan 70 tenaga pendamping gizi dan konselor stunting yang ditempatkan di desa lokus di Kabupaten Enrekang dan Bone yang bersetuhan langsung dengan masyarakat” Kata Kabid Kesmas Dinkes Sulsel Husni Thamrin, Senin (19/10/2020).

Baca Juga: Dinkes Sulsel Tekan Kasus Stunting Melalui Gammarana

Menurut Husni hadirnya pendamping Gizi dan konselor sangat berpengaruh dalam menekan stunting dengan pendekan berbagai program spesifik untuk ibu hamil dan Baduta.

Program spesifik menekan stunting dengan pemberian kapsul daun kelor, suplemen multivitamin bagi ibu hamil, PMT Balita, PMT Ibu Hamil dan Multivitamin Taburia untuk 1000 HPK,” katanya.

Baca Juga: Gubernur NA Target Tiga Tahun Tak Ada Lagi Bayi Kurang Gizi di Sulsel

Terpisah, Prof Arlin Adam berharap pendamping gizi bisa memberikan stimulasi peran stakholder di desa supaya tujuan pendampingannya mencapai sasaran. Karena stunting kata Profesor promosi kesehatan pertama di indonesia ini mesti diselesaikan dengan bersama-sama.

“Kunci keberhasilan dengan langkah awal pelibatan stockholder yang dilakukan dengan cara pemetaan berdasarakan kependingan dan pengaruh yang dimiliki tingkat desa sehingga memiliki kepentingan dan penekanan stunting disa tercapai,” katanya.

Baca Juga: Gubernur Teken Berbagai Kesepakatan dalam Rangka Pemulihan Ekonomi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Enrekang Sutrisno mengucapkan terimakasih Gubernur Sulsel telah membantu dalam menanuntaskan Stunting.

“Kami yankin dan percaya jika sama-sama bekerjasama kita mampu menenkan apalagi dengan kehadirannya para pendamping gizi,” katanya. (*)

One thought on “Menekan Stunting, Pemkab Enrekang Evaluasi Program Gammara’Na

  1. Pingback: Tekan Stunting di Enrekang, Bumil 30 di Daerah Lokus Terlayani | Newsurban

Leave a Reply