Jepang Beri Penghargaan Bintang Jasa Kepada Andi Husni Tanra

Andi Husni Tanra (empat dari kiri).

Berjasa memprkukuh hubungan antara Indonesia dan Jepang, Prof Andi Husni Tanra mendapat penghargaan Bintang Jasa Jepang. Penganugerahan Bintang Jasa Jepang kepada Prof Andi Husni Tanra pada Tanggal 3 November 2020.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Dalam kesempatan penganugerahan bintang jasa untuk musim gugur tahun 2020, Pemerintah Jepang mengumumkan penganugerahan bintang jasa kepada Bapak Andi Husni Tanra atas jasa beliau dalam memperkokuh hubungan antara Jepang dan Indonesia.

Pemerintah Jepang melalui Konjen Jepang di Makassar menyebutkan, Andi Husni Tanra dianugerahi Bintang Tanda Jasa “The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon”

Andi Husni Tanra adalah profesor bagian Anestesiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Emeritus profesor Universitas Hasanuddin ini juga adalah mantan Ketua Perhimpunan Alumni dari Jepang Sulsel (PERSADA SULSEL), Ketua AMDA Indonesia.

Jasa utama Husni Tanra adalah berkontribusi dalam peningkatan pertukaran akademi dan hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia.

Disebutkan pula Husni Tanra berkontribusi terhadap Jepang, setelah menerima gelar Doktor di bidang kedokteran dari Universitas Hiroshima sebagai orang Indonesia yang pertama pada tahun 1981.

“Beliau (Andi Husni Tanra) telah memperkenalkan Jepang dalam berbagai kesempatan sambil mengajar di Universitas Hasanuddin. Beliau juga berupaya untuk membantu mahasiswa dan juniornya melanjutkan pendidikan ke Jepang. Selain itu, sebagai Ketua Perhimpunan Alumni dari Jepang Sulsel (PERSADA SULSEL) tahun 1987 – 2000, beliau berkontribusi meningkatkan hubungan persahabatan antara Jepang dan Sulawesi Selatan,” tulis Konjen Jepang di Makassar. (rls/*)

Leave a Reply