Jokowi Bagikan 1.904 Sertifikat Tanah Kepada Warga Kabupaten Nunukan

Secara virtual Presiden Joko Widodo menyerahkan seribu lebih sertifikat tanah kepada Warga Kabupaten Nunukan. Pembagian dilakukan serentak kepada 201 kabupaten kota di 31 provinsi.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan sertifikat tanah kepada warga 31 Provinsi dan 201 Kabupaten dan Kota se-Indonesia secara Virtual. Pembagian sertifikat juga diikuti oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan, Senin (9/11/20).

Pembagian sertifikat tanah itu juga dihadiri oleh Plt Bupati Nunukan H Paridil Murad dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nunukan Serfianus, serta beberapa pejabat lainnya.

Saat dikonfirmasi melalui Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Kabupaten Nunukan, Agoes Prijanto mengatakan, adapun targetnya yakni 3.450 Petak Bidang Tanah (PBT) dan sertifikat. Namun yang baru terialisasi atau Hak Atas Tanah (SHAT) sebanyak 1.904.

Sedangkan di Kabupaten Nunukan ada 3 kecamatan yang mendapat sertifikat tanah dengan 7 Desa seperti di Desa Lapri, Desa Sungai Nyamuk, Desa Bukit Harapan, Desa Tanjung Karang, Desa Seberang, Desa Tanjung Harapan dan Desa Balansiku.

Baca Juga: Beruntun WTP 5 Kali, Kemenkeu Apresiasi Pemkab Nunukan

“Kami memilih desa-desa tersebut karena pernah dilakukan kegiatan PTSL pada tahun sebelumnya, dan merupakan pulau luar Nunukan untuk menuju Pulau Sebatik perlindungan hukum hak atas tanah masyarakat. Berlandaskan asas sederhana, cepat, lancar, aman, adil, merata dan terbuka serta akuntabel. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran kesejahteraan masyarakat. Dan ekonomi negara serta mengurangi dan mencegah konflik pertanahan,” kata Agoes, kepada awak media.

Target PTSL Berbasis Partisipasi Masyarakat yaitu sebanyak 20.000 PBT. Untuk Penlok dari kegiatan ini berada pada seluruh Kecamatan di Pulau Sebatik dan Kelurahan Selisun, Kecamatan Nunukan Selatan, dan Pulau Nunukan. Adapun progres PTSL Berbasis Partisipasi Masyarakat masih dalam tahap pengukuran dan untuk output atau hasil dari kegiatan ini yaitu Pemetaan Lengkap atas Pulau Sebatik karena merupakan pulau perbatasan RI.

Sebagai Informasi sertipikat yang sudah diserahkan pada Program PTSL Tahun 2020 yaitu sebanyak 367 sertifikat. Jumlah tersebut sudah termasuk dengan jumlah sertifikat yang diserahkan pada acara Penyerahan Sertifikat secara Virtual hari ini yaitu sebanyak 25 Sertifikat. Sisanya sebanyak 1537 sertifikat akan diserahkan secepatnya setelah acara Penyerahan Virtual pada hari ini. (ar)

Leave a Reply