Elektabiltas Appi-Rahman Meroket, Danny-Fatma Nyungsep

Muhammad Taufik, Direktur Riset Roda Tiga Konsultan memaparkan hasil riset terbaru Pilkwali Makassar, di Hotel Gammara, Jalan Metro Tanjung Bunga, Rabu (2/12/2020).

Seminggu menjelang pencoblosan, elektabilitas pasangan calon ADAMA konsisten nyungsep. Sebaliknha, paslon nomor 2 Appi-Rahman konsisten meroket. Appi-Rahman diprediksi memenangi Pilwali Makassar 2020 pada 9 Desember 2020.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Kota Makassar berpotensi besar dipimpin walikota baru, Munafri Arifuddin dan wakilnya Abdul Rahman Bando (Appi-Rahman). Pasangan nomor urut 2 ini unggul berdasarkan hasil survei elektabilitas yang dirilis lembaga survei Roda Tiga Konsultan (RTK).

Survei yang digelar empat kali itu, tren elektabilitas paslon nomor urut 2 Appi-Rahman konsisten menanjak, sementara Danny-Fatma konsisten nyungsep. Pada survei keempat Appi-Rahman menyalip paalon nomor urut 1.

“Danny-Fatma 32,5 persen, Appi-Rahman 33,1 persen, Syamsu Rizal-Fadli Ananda 10,4 persen dan Irman-Zunnun 3,8 persen. Responden yang merahasiakan pilihannya 12,7 persen dan tidak tahu 7,7 persen,” papar Muhammad Taufik, Direktur Riset Roda Tiga Konsultan, di Hotel Gammara, Jalan Metro Tanjung Bunga, Rabu (2/12/2020).

Presentasi elektabilitas paslon Pilwalkot Makassar 2020 ini merupakan hasil rekam survei terbaru, 14 hingga 16 November lalu. Roda Tiga Konsultan mengambil sampling dari 820 responden. Dengan margin 3,53 persen.

“Populasi survei kami adalah responden yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap atau DPT Pilwalkot Makassar 2020,” kata Taufik.

Di survei terbaru, Roda Tiga Konsultan juga melakukan uji ulang. Hal ini, kata Taufik, untuk menjaga kualitas surveinya. “Untuk menjaga kualitas survei, kami lakukan pertanyaan ulang, kemudian kita call back. Kami cocokkan jawabannya. Jawaban responden pun konsisten, tidak berubah sesuai dengan jawaban pertama,” tegas Taufik.

Roda Tiga Konsultan juga berkesimpulan, pertarungan Pilwalkot Makassar 2020 menyisakan rivalitas antara Danny-Fatma dan Appi-Rahman. Hanya saja jika melihat fluktuasi elektoral, paslon Danny-Fatma tren elektabilitasnya cenderung turun. “Sementara Appi-Rahman trennya konsisten naik. Ini tergambar dari empat kali survei yang kami lakukan,” lanjut Taufik.

Survei pertama Roda Tiga Konsultan pada 28 Agustus sampai 2 September, survei kedua 1 Oktober sampai 7 Oktober, survei ketiga 20 sampai 25 Oktober dan survei keempat atau terakhir 14 sampai 16 November. “Dari empat kali survei, angka undicided vooters juga terus turun dan paling banyak terdistribusi ke paslon Appi-Rahman,” kata Taufik lagi.

“Jika melihat data yang ada, maka bisa disimpulkan bahwa pemenang Pilwalkot Makassar 2020 adalah pasangan Appi-Rahman,” demikian Taufik. (*)

Leave a Reply