KPU Lutim Sebut Pendistribusian Logistik Terjamin Aman Sampai ke TPS

Anggota Komisioner KPU Luwu Timur Mulyana Mulkin

Pendistribusian logistik dilakukan oleh KPU Lutim pada tanggal 8 Desember 2020, secara serentak. Ini dilakukan lebih memastikan kelengkapannya dan menjaga keamanan kelengkapan pada hari H pencoblosan sampai ke TPS nantinya.

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur (Lutim), saat ini tengah merampungkan kelengkapan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di gelar secara serentak 2020.

Ia menyebutkan, kesiapan KPU tentang logsitik sudah sampai 95 persen, tinggal menunggu waktu untuk didistribusikan secara serentak di setiap kecamatan.

“Melalui kesepakatan di KPU, didistribusi logistik akan dilakukan pada tanggal 8 Desember 2020. Dan itu dilakukan secara serentak,” ungkap anggota komisioner KPU Lutim, Mulyana Mulkin, Kamis (03/12/2020).

Baca juga: KPU Lutim Gelar Rapat Koordinasi Tahapan Pilkada 2020

Pendistribusian logistik pada tanggal tersebut, kata dia, untuk lebih memastikan kelengkapannya dan menjaga keamanan kelengkapan pada hari H pencoblosan sampai ke TPS nantinya.

“Kami juga lakukan hal ini, betul betul teliti sebelum melakukan disitribusi logistik seperti surat suara, bilik suara, kotak suara dan kelengkapan protokol kesehatan yang akan disediakan di setiap TPS,” katanya.

Baca juga: Ketua KPUD Luwu Timur Lantik 55 Anggota PPK

Untuk menghindari terjadinya kerusakan, lanjut Mulyana, semua alat kelengkapan di TPS akan dibungkus dengan plastik. Dengan begitu, saat pendistribusian ke TPS hal ini bertujuan agar tetap aman. “Apalagi tengah masuk musim penghujanan, jadi dipastikan packingan alat kelengkapan itu tetap terjaga dengan baik sampai ke TPS,” ujarnya.

Selain itu, dalam penditribusian logistik, akan dikawal ketat oleh pihak kepolisian, TNI, dan Bawaslu untuk lebih menjamin keamanannya.

Kasubag logitik KPU Lutim, Ismail Fakhmil menambahkan, dari jumlah surat suara tiba di KPU sebanyak 207.096, dari percetakan di Gresik, Jawa Timur.

Baca juga: KPU Luwu Timur Mulai Buka Pendaftaran Rekrutmen Relawan Demokrasi

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.268 lembar surat suara rusak atau tidak layak digunakan. “Dari jumlah kertas suara rusak itu, sudah digantikan percetakan surat suara yang baru,” ucapnya.

Diketahui, rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Luwu Timur, laki – laki sebanyak 103.475 dan perempuan 98.311, dengan total keseluruhan DPT 201.789 orang.

KPU Luwu Timur juga menambahkan kertas suara sebanyak 2,5 persen atau 5.310, jadi total kertas suara disediakan KPU Luwu Timur, dengan jumlah TPS 538 yang tersebar di 11 Kecamatan yang ada sebanyak 207.096 kertas suara. (*)

Leave a Reply