Elektablitasnya Terus Melejit, Appi-Rahman Diprediksi Menang

Pasangan Munafri Arifuddin-Rahman (Appi-Rahman) kembali diprediksi memenangkan Pilwalkot Makassar 2020. Prediksi ini tergambar dari hasil survei elektabilitas yang dirilis FIXPOLL, di Hotel Melia, Jalan Andi Mappanyukki, Sabtu (5/12/2020).

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Di survei terbaru, elektabilitas Appi-Rahman kembali melejit dan mengungguli paslon lainnya.

Hasil survei FIXPOLL adalah pasangan Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi Masse mendapatkan nilai elektoral 34,1 persen, Munafri Arifuddin-Rahman Bando 37,6 persen, Syamsu Rizal-Fadli Ananda 11,4 persen dan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun 4,6 persen. Responden yang menolak menjawab sebesar 11,1 persen.

Survei elektabilitas ini menggunakan metode simulasi kertas suara. Responden diminta untuk mencoblos atau mencontreng kertas suara.

Sedangan survei menggunakan metode pertanyaan langsung, Appi-Rahman juga unggul atas paslon lainnya. Dengan presentase elektoral 38,5 persen. Lalu Danny-Fatma 34,6 persen, Syamsu Rizal-Fadli Ananda 11,6 persen dan Irman-Zunnun 4,7 persen. Dengan responden yang menolak menjawab adalah 10,6 persen.

“Survei elektabilitas ini direkam mulai 18 hingga 23 November 2020 lalu. Dengan sampel 840 responden dan margin of error 3,5 persen,” terang Direktur Riset FIXPOLL, Muhammad Annas.

Annas melanjutkan, FIXPOLL memulai survei 11 hari setelah pelaksanaan Debat Publik Pertama Pilwalkot Makassar 2020. Menurut Annas, ada lima hal yang dipotret FIXPOLL dalam survei ini. Pertama bagaimana tanggapan masyarakat tentang hasil debat. Yang kedua memotret salah satu paslon yang pernah menjabat sebagai walikota Makassar.

Ketiga, memotret tren elektabilitas masing-masing paslon. Keempat, memotret strong voters masing-masing paslon. Dan kelima memotret terkait politik uang di Pilwalkot Makassar.

Berdasarkan survei FIXPOLL, elektabilitas Appi-Rahman di bulan September lalu ada di angka elektoral 32,1 persen. Sementara Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi Masse masih teratas yakni 36,3 persen. Di survei terbaru ini, Appi-Rahman sudah berbalik unggul.

“Untuk tren elektabilitas, paslon Appi-Rahman yang terus mengalami kenaikan. Sementara Danny-Fatma turun,” terang Annas.

Masih menurut Annas, pemilih akan cenderung memilih atau mencoblos paslon yang tren survei elektabilitasnya cenderung naik. Terutama pemilih yang belum menentukan sikap, bahkan hingga hari pencoblosan berlangsung.

“Membaca data survei adalah membaca kecenderungan pemilih. Hari ini masih ada 10 persen lebih undicided voters. Jadi di sisa hari jelang pencoblosan, masing-masing paslon akan bekerja merebut suara undicided voters ini,” demikian Annas.

Survei elektabilitas sebelumnya yang dirilis Roda Tiga Konsultan juga menyajikan data tren elektabilitas Appi-Rahman yang terus melejit, hingga sekarang ada di posisi teratas.

RTK menggelar empat kali survei. Pertama 28 Agustus sampai 2 September, survei kedua 1 Oktober sampai 7 Oktober, survei ketiga 20 sampai 25 Oktober dan survei keempat atau terakhir 14 sampai 16 November. “Dari empat kali survei, angka undicided vooters juga terus turun dan paling banyak terdistribusi ke paslon Appi-Rahman,” kata Direktur Riset Roda Tiga Konsultan, Muhammad Taufik.

“Jika melihat data yang ada, maka bisa disimpulkan bahwa pemenang Pilwalkot Makassar 2020 adalah pasangan Appi-Rahman,” tutupnya. (*)

Leave a Reply