Dukungan Terus Mengalir Jelang Pencoblosan, Loyalis Gubernur Sulsel Berikrar Menangkan Appi-Rahman

Menjelang pencoblosan, 9 Desember 2020 mendatang, sejumlah komunitas relawan Nurdin Abdullah-Andi Surdirman Sulaiman (Prof Andalan) merapat ke Appi-Rahman.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Tak hanya pendukung rival di Pemilihan Wali Kota Makassar 2020 yang memilih hijrah ke Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman).

Detik-detik akhir atau jelang pencoblosan, 9 Desember 2020 mendatang, sejumlah komunitas relawan Nurdin Abdullah-Andi Surdirman Sulaiman (Prof Andalan) merapat ke Appi-Rahman.

Salah satu komunitas yang menegaskan dukungannya ke Paslon nomor urut 2 itu yakni 36 Community.

Komunitas yang beranggotakan mayoritas driver Ojek Online (Ojol) ini berbasis di Jl Gunung Nona.

“Kemarin kami ketemu langsung dengan Ketua Tim Appi-Rahman, Pak Erwin Aksa sekaligus dilantik juga,” ucap Ketua 36 Community, Muh Fadli, Kamis (3/12/2020).

Fadli menyebut alasan mereka bersikap pada Pilwali Makassar 2020 bergabung ke Appi-Rahman karena dilatari beberapa alasan.

“36 Community ini komunitas yang ikut menangkan Prof Nurdin di Pilgub lalu. Mengapa kami gabung ke Appi-Rahman karena programnya masuk akal dan dibutuhkan, diantaranya relaksasi pajak dan penanganan Covid-19 itu,” tuturnya.

Dengan anggota tim inti sebanyak 30 orang berserta anggota lainnya yang berjumlah ratusan, 36 Community bergerak memenangkan Appi-Rahman di sisa waktu yang ada.

Menurut Fadli, tidak ada kata terlambat untuk sebuah niatan yang baik, apalagi untuk kepentingan masyarakat.

“Dorongan dukungan ini murni untuk melihat Makassar bangkit. Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar harus bersinergi maka dibutuhkan pemimpin yang tepat dan teman-teman di 36 Community sepakat Appi-Rahman yang paling pas dan layak,” tutupnya.

Tak hanya 36 Community, beberapa waktu lalu relawan NA di Pilgub lainnya juga sudah menyatakan sikap ke Appi-Rahman.

Salah satunya yakni komunitas dari  kalangan perempuan dan millenial yang tergabung dalam Sahabat2NA Appi.

Ketua Sahabat2NA Appi, Lina Amin Noor, menjelaskan anggotanya berlatar belakang beragam profesi.

Ada wanita pengusaha, akademisi, ibu-ibu majelis taqlim, pengusaha salon, pengusaha kuliner dan ibu-ibu rumah tangga.

‘’Banyak juga anak-anak muda kaum millenial. Kami semua terpanggil dengan hati nurani dan sukarela menyatakan komitmen untuk memenangkan pasangan Appi-Rahman pada Pilwali Kota Makassar 9 Desember 2020 mendatang,” tegasnya beberapa waktu lalu.

Memori perjuangan memenangkan mantan Bupati Bantaeng dua periode itu seketika bangkit setelah mendalami visi yang dibangun Appi-Rahman yakni menggelorakan perubahan dan kebangkitan Makassar di masa depan.

Menurut Lina yang juga Direktur ASMI Publik Makassar ini, pasangan Appi-Rahman sangat pas memimpin Kota Makassar ke depan.

Satu berlatar belakang dunia usaha, lainnya birokrat senior. Perpaduannya cocok untuk merespon tantangan pembangunan yang bakal dihadapi.

‘’Dengan melihat kapasitas serta visi-misi duet pengusaha-birokrat yang proporsional dan rasional, tidak ada alasan untuk tidak mendukungnya,” timpal sekretaris Sahabat2NA Appi-Rahman, Mukarramah.

“Kami merapatkan barisan untuk melakukan perjuangan guna memenangkan Appi-Rahman,” tegas wakil sekretaris, Yenni.

Fenomena dukungan yang kian mengalir ini pun sejalan dengan naiknya elektabilitas Appi-Rahman hingga melampaui Paslon lainnya.

Roda Tiga Konsultan merilis hasil survei Pilwali Makassar ke publik, Rabu (2/12/2020), bertempat di Hotel Gammara, Jl Metro Tanjung Bunga.

Data yang dijabarkan Roda Tiga Konsultan yakni tren line masing-masing Paslon dari empat kali survei yang dilakukan.

Termasuk survei terakhir yang digelar, 14-16 November 2020 lalu.

Dimana menunjukan Paslon nomor urut 2, Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman), mengungguli Paslon lainnya.

Ada dua jenis survei yang dilakukan pada sesi survei terakhir Roda Tiga Konsultan ini.

Yakni pertama, responden diberikan lembar simulasi kertas, kemudian diminta untuk mencoblos atau mencontreng seolah-olah berada di bilik suara.

Hasilnya Appi-Rahman berada di posisi teratas dengan angka 33,1 persen.

Disusul Adama 32,5 persen, Dilan 10,4 persen, dan Imun 3,7 persen.

Adapun yang masih merahasiakan yakni 12,7 persen dan tidak tahu/tidak menjawab 7,7 persen.

Sedangkan pada jenis survei pertanyaan terbuka, hasilnya juga tak jauh berbeda.

Appi-Rahman memiliki angka elektabilitas 33,6 persen.

Adama 33,2 persen, Dilan 10,7 persen, dan Imun 3,8 persen.

Yang masih merahasiakan yakni 11,9 persen dan tidak tahu/tidak menjawab 6,9 persen.

“Di atas kertas secara ilmiah Appi-Rahman lah yang akan memenangkan Pilwali Makassar melihat dari tren linenya,” tutup Taufik.

Survei yang dilakukan Roda Tiga Konsultan ini menggunakan metode Stratified Systemic Random dengan 820 respon yang tersebar di 15 Kecamatan. (*)

Leave a Reply