Pupuk Subsidi Berkurang Pemerintah Bone Harapkan Pakai Non Subsidi

PT Pupuk Kaltim siap menyuplai kebutuhan pupuk di Kabupaten Bone. Pasalnya, subsidi sangat sulit diperoleh petani.

BONE, NEWSURBAN.ID — PT Pupuk Kaltim yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bone, serta Perbankan menggelar acara Penanaman perdana program Agro Solution Pupuk Kaltim yang dilaksanakan di (BPP) Balai Penyuluhan Pertanian Amali, di Desa Waempubu Kecamatan Amali, Kabupaten Bone, Sulsel, Kamis (10/12/2020).

Dihadiri Wakil Bupati Bone, H Ambo Dalle Sekretaris Dinas Pertanian Bone Ir Muhammad Risal Direktur PT Pupuk Kaltim Jefri Limeisa, Camat Amali Drs Andi Mallanti, dan beberapa petani di wilayah tersebut. Melalui program ini tiada lain untuk membantu para petani khususnya untuk petani jagung.

Dalam sambutan Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle mengatakan pemerintah daerah kabupaten Bone, sangat mendukung dan mengapresiasi program dari Pupuk Kaltim. Dia berharap agar program tersebut juga bisa diterapkan di kecamatan lain bukan saja di Kecamatan Amali.

“Yang mana dulu tangline kampanye Bupati dan Wakil Bupati Bone ketika terpilih menerapkan Pupuk murah dan Bersubsidi untuk para petani, sekarang ini banyak petani mengeluh karena mengira kurang pupuk atau tidak ada,” jelasnya.

Ambo Dalle menambahkan bukan tidak ada pupuk tapi kita diBone ini membutuhkan kurang lebih 300 Ribu Ton pupuk, sementara pihak pemerintah hanya bisa menyediakan 90 Ribu Ton, karena penggunaan pupuk itu bukan hanya untuk tanaman padi, namun banyak tanaman pertanian yang juga menggunakan pupuk khususnya para petani jangung.

“Saat ini Pemerintah Kabupaten Bone intensif melakukan edukasi atau pemahaman kepada mayarakat petani untuk tidak bergantung pada pupuk subsidi agar dapat mengurangi beban pemerintah terkait bantuan bersubsidi ke masyarakat dengan adanya program ini yang bekerjasama perbankan bisa membantu para petani melalui bantuan KUR,” kata H Ambo Dalle.

Sekretaris Dinas Pertanian, Ir Muhammad Risal yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bone, mengucapkan terimakasih kepada PT Pupuk Kaltim yang telah menginisiasi Penanaman Perdana Program Agro Solution yang tentunya akan sangat membantu para masyarakat petani khususnya di Kabupaten Bone.

Sementara itu Direktur PT Pupuk Kaltim, Jefri Limeisa menjelaskan,dengan program Agro Solution ini petani bisa menggunakan Pupuk Non Subsidi dan tidak bergantung lagi dengan pupuk subsidi yang mana kuotanya khusus di Kabupaten Bone tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan para petani yang berjumlah hampir 300 ton pupuk bersubsidi untuk wilayah Bone.

“Dan diharapkan mampu meningkatkan keunggulan hasil pertanian secara kompetitif sekaligus menciptakan komunitas masyarakat yang produktif disepanjang rantai posok pertanian untuk meningkatkan ketersediaan pangan sesuai kebutuhan pasar,selain itu kami juga turut mendorong peningkatan kapasitas dan produktivitas pertanian di Indonesia,” jelas Jefri Limeisa. (fan)

Leave a Reply