Catat! Begini Syarat Gugatan Hasil Pilkada ke MK

Gedung Mahkamah Konstitusi

Bagi kandidat atau pasangan calon yang tidak puas dengan hasil penghitungan suara, maka bisa mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Tapi ada syaratnya, apa itu?

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020 kemarin. Untuk Sulawesi Selatan (Sulsel) sendiri, dari 24 Kabupaten dan Kota hanya ada 12 daerah yang menggelar Pilkada Serentak 2020.

Bagi kandidat atau pasangan calon yang tidak puas dengan hasil penghitungan suara, maka bisa mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Tapi ada syaratnya, apa itu?

Hal itu sesuai dengan Lampiran V Peraturan MK Nomor 6 Tahun 2020 tentang Beracara Dalam Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota. Berikut ini syaratnya seperti dikutip dari situs MK RI, Jumat (11/12/2020):

Pemilihan Gubernur

– Provinsi dengan penduduk sampai dengan dari 2 juta jiwa, pengajuan perselisihan perolehan suara dilakukan jika berpedaan paking banyak sekitar 2 persen dari total suara sah.

– Provinsi dengan jumlah penduduk lebih dari 2 juta jiwa sampai dwngan 6 juta jiwa , pengajuan perselisihan perolehan suara dilakulan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 1,5 persen dari total suara sah.

– Provinsi dengan jumlah penduduk 6 juta-12 juta jiwa, pengajuan perselisihan perolehan suara dilakulan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 1 persen dari total suara sah.

– Provinsi dengan jumlah penduduk lebih dari 12 juta jiwa, pengajuan perselisihan perolehan suara dilakulan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 0,5 persen dari total suara sah.

Pemilihan Bupati/Wali Kota

– Kabupaten/Kota dengan jumlah penduduk kurang dari 250 ribu jiwa, pengajuan perselisihan perolehan suara dilakulan jika terdapat perbedaan paling banyak 2 persen dari total suara sah.

– Kabupaten/Kota dengan jumlah penduduk 250 ribu jiwa-500 ribu jiwa, pengajuan perselisihan perolehan suara dilakulan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 1,5 persen dari total suara sah.

– Kabupaten/Kota dengan jumlah penduduk 500 ribu jiwa- 1 juta jiwa, pengajuan perselisihan perolehan suara dilakulan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 1 persen.

-Kabupaten/Kota dengan jumlah lebih dari 1 juta jiwa, pengajuan perselisihan perolehan suara dilakulan jika terdapat perbedaan paling banyak sebesar 0,5 persen dari total suara sah. (*)

One thought on “Catat! Begini Syarat Gugatan Hasil Pilkada ke MK

  1. Pingback: MK Sudah Terima 21 Pengajuan Sengketa Pilkada, Termasuk Pilbup Bulukumba | Newsurban

Leave a Reply