Lewat Gemar Limas Ribuan Anak di Bone Kembali Sekolah

“Gerakan Masyarakat ‘Lisu Massikola Paimeng’ sebagai wujud dan upaya Pemerintah Kabupaten Bone meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dua kali lebih baik.” Kepala Bappeda Bone, Ade Fariq.

WATAMPONE, NEWSURBAN.ID — Memacu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Bone, Pemerintah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) meluncurkan Gerakan Masyarakat Lisu Massikola Paimeng (Gemar Limas).

Peluncuran Gemar Limas tersebut mengangkat tema “Upaya Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Dua Kali lebih baik” yang dihadiri Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle, Kapolres Bone AKBP Try Handako, Dandim 1407 Bone Letkol Kav Budiman, Kakan Kemenag Bone Dr Wahyuddin Hakim, Ketua Komisi IV DPRD Bone dr A Ryad Baso Padjalangi, serta Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Bone, di Hotel Novena Watampone, Senin, 21 Desember 2020.

Baca Juga: Konsisten Tekan Stunting, Dinkes Bone Ajak Warga Implementasikan Germas Hidup Sehat

Kepala Bappeda Kabupaten Bone Dr Ade Fariq Ashar, menuturkan Gemar Limas merupakan upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Gerakan masyarakat lisu massikola paimeng sebagai wujud dan upaya Pemerintah Bone dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dua kali lebih baik di Bone,” tutur Ade Fariq.

Ade Fariq juga menjelaskan bahwa tantangan Gemar Limas cukup berat lantaran adanya keterbatasan dalam menjalankan program, apalagi di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Wujudkan Transparansi Keuangan, BPKAD Bone Luncurkan Aplikasi SITETTU OGI

“Tetapi karena ada kolaborasi kepala desa, lurah, dan camat, kita mampu capai 8.646 anak kembali bersekolah dari 2017 hingga 2020, khusus pada tahun 2020 ini ada 5.918,” jelas mantan Kabag Pemerintahan Kabupaten Bone ini.

Dia menambahkan Gemar Limas sudah berlangsung sejak tiga tahun saat ini dengan menggandeng sejumlah pihak di antaranya UNICEF dan lain-lain.

Ade Fariq menyebutkan bahwa Bappeda Bone bakal melakukan kajian dan MoU dengan Universitas dalam rangka mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Bone.

Sementara itu Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle, dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan launching Gemar Limas hari ini merupakan momentum Pemerintah Daerah dan masyarakat Bone untuk peduli pendidikan demi masa depan generasi muda yang lebih kompetitif, berdaya saing dan sejahtera serta berakhlak mulia dalam era globalisasi sekarang ini.

Baca Juga: Wujudkan Kota Bersih Sehat, DLH Bone Ajak Masyarakat Bijak Mengelola Sampah

“Alhamdulillah, sejak digulirkan tahun 2017 hingga tahun ini kita sudah mengembalikan sebanyak 8646 anak kembali bersekolah,” kata Wabup dua periode ini.

Lanjutnya, Ambo Dalle mengatakan, insya Allah Gerakan Masyarakat Lisu Massikola Paimeng ini kita lanjutkan terus untuk mendukung target kinerja pemerintah daerah.

Melalui kerja sama dan komitmen yang kuat dengan pemerintah desa/kelurahan serta masyarakat salah satu faktor pendukung utama dalam gerakan ini.

“Insya Allah tahun 2021 pemerintah daerah telah menginisiasi rancangan peraturan daerah tentang penanganan anak tidak sekolah (PATS) untuk dibahas bersama dengan DPRD kabupaten Bone,” katanya.

Baca Juga: Minim Anggaran Covid-19, Aktivis Bone Bantu Satpol PP

Demikian pula, kata Ambo Dalle, kepada seluruh pihak yang telah membantu pemerintah daerah dalam mendukung dan menyukseskan program penanganan anak tidak sekolah untuk kembali sekolah.

“Oleh karena itu, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat kabupaten Bone saya mengucapkan terimah kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada UNICEF yang selama ini bermitra dengan pemerintah daerah dan LPP Bone dalam mendukung pencapaian visi dan misi pemerintah daerah, yaitu masyarakat Bone mandiri, berdaya saing, dan sejahtera,” tambahnya. (fan)

Leave a Reply