Sandiaga Ajak Seluruh Kepala Disparekraf Gercep Benahi Sektor Pariwisata dan Ekraf

Ingin gerak cepat (Gercep) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno gelar rapat dengan Kepala Dinas yang membidangi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di lebih dari 200 daerah.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam cuitannya mengatakan, dirinya ingin bergerak cepat untuk membangun kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini hampir lumpuh total sejak pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia.

“Ingin bergerak cepat, hari ini saya melakukan rapat secara virtual dengan para Kepala Dinas yang membidangi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di lebih dari 200 daerah, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota,” kata Sandiaga.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga: Sektor Pariwisata Harus Bangkit

“Terima kasih telah meluangkan waktunya di hari libur ini. Kalau di sektor pariwisata biasanya tanggal merah membawa berkah. Saya senang mendapat laporan bahwa di libur natal dan tahun baru akhir tahun ini, terjadi peningkatan jumlah wisatawan nusantara.”

“Para Kepala Dinas sebagai garda depan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sepakat bahwa kita harus #GERCEP (Gerak Cepat), #GEBER (Gerak Bersama), dan #GASPOL dalam mengakselerasi pemulihan pariwisata kita. Karena jutaan masyarakat Indonesia menggantungkan mata pencahariaannya pada sektor ini.”

“Untuk itu, kami ingin memastikan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, & Environmental) atau K4 (Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, & Keberlanjutan Lingkungan) dapat terimplementasi dengan baik demi meningkatkan kembali kepercayaan para wisatawan agar usaha-usaha masyakarat di sekitar tempat wisata dapat menggeliat dan lapangan kerja tercipta.”

Baca Juga: Menteri Baru Jokowi-Ma’ruf Diharap Belajar Konsep Ekonomi Bung Karno

Jokowi Minta Benahi Lima Destinasi Ini
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno segera bekerja mengembangkan destinasi wisata Indonesia di tengah pandemi covid-19. Ada lima destinasi wisata yang menjadi prioritas.

“Ke lima destinasi itu saya sebutkan, yakni Danau Toba, Candi Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, NTB, dan Likupang, Sulawesi Utara,” kata Sandiaga dalam telekonferensi di Jakarta, Sabtu, 26 Desember 2020.

Sandiaga diinstruksikan langsung tancap gas membenahi pariwisata Indonesia. Kelima destinasi wisata prioritas itu harus segera siap didatangi pelancong.

“Berbenah ini mulai dari yang disebutkan Bapak Presiden, infrastruktur sampai hal-hal yang sangat detail,” ujar Sandiaga.

Baca Juga: Kontraksi Makin Dalam, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV Direvisi Jadi Minus 2,9 Persen

Sandiaga juga ditugaskan mempersiapkan seluruh kerajinan tangan dan kesenian di lima daerah destinasi wisata itu. Hal ini untuk memutar roda ekonomi para pelaku wisata di tengah pandemi.

“Yang berkaitan dengan kesiapan dari pada produk yang sedang kita benahi mulai dari kuliner, fashion, kerajinan tangan, tarian, warna baju ini kita siapkan,” tutur Sandiaga.

Sandiaga juga diminta mempersiapkan agenda acara di lima destinasi wisata itu. Agenda acara ini diperlukan untuk menarik wisatawan. (#)