Muscab 2020 Gerakan Pramuka Kwarcab Nunukan, 7 Kwaran Hadir

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura berpesan agar pendidikan pramuka mengajarkan kemandirian, kerja sama, persahabatan, kepercayaan diri, kesehatan fisik dan mental, dan moral yang luhur.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID — Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Nunukan mewakili Bupati Nunukan membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Nunukan Tahun 2020 di Aula BKPSDM Kabupaten Nunukan, Sabtu (19/12).

Tujuannya utama diselenggarakannya Muscab ini adalah dalam rangka pemilihan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten untuk periode kepemimpinan lima tahun ke depan masa bhakti 2020-2025.

Pembukaan Muscab tersebut di hadiri perwakilan dari Para Pimpinan Satuan Karya (Saka), Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Nunukan, Ketua Kwaran se – Kabupaten Nunukan, Para Andalan, Pelatih dan Pembina.

Baca Juga: Bupati Laura Apresiasi Pengabdian Anggota Gerakan Pramuka

Pembukaan ditandai dengan Penyerahan palu sidang oleh ka mabicab kepada ketua kwarcab yang disaksikan Para Pimpinan Saka, Pengurus Kwarcab, Dewan Kehormatan Kwarcab, Ketua Kwartir Ranting dan para peserta Muscab.

Peserta Muscab terdiri dari Pengurus Kwartir Cabang, Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwartir Ranting (Kwaran) dan Dewan Kwartir Ranting (DKR).

Tujuh Kwaran mengikuti Muscab kali ini, yaitu Sebatik, Sebatik Timur, Sebatik Utara, Sebatik Tengah, Sebatik Barat, Seimanggaris dan Sebuku, masing-masing Kwaran mengutus dua orang peserta, kecuali Seimanggaris mengutus satu peserta.

Bupati Nunukan dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga mengatakan pramuka adalah organisasi yang memiliki sejarah panjang dalam kiprahnya membentuk dan menggembleng karakter generasi muda bangsa sejak zaman penjajahan hingga saat ini.

“Meskipun secara resmi baru dibentuk pada tanggal 14 Agustus 1961, namun organisasi kepanduan yang menjadi cikal bakal Pramuka telah melakukan kiprahnya sejak zaman penjajahan Belanda, kiprah dan pengabdiannya sebagai wadah untuk mendidik dan membina generasi muda agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa memiliki kepribadian tangguh terampil berpengetahuan serta memiliki jiwa kesetiakawanan yang tinggi,” tuturnya.

Baca Juga: 27 Dewan Hakim MTQ Ikuti Pelatihan dari LPTQ Kabupaten Nunukan

Pendidikan pramuka lanjut Bupati juga mengajarkan kemandirian, kerjasama, persahabatan, kepercayaan diri, kesehatan fisik dan mental, moral yang luhur serta kelebihan lainnya.

“Melalui proses panjang inilah para anggota pramuka menjadi manusia-manusia unggul yang selalu bisa diandalkan dalam berbagai situasi dan kondisi,” ungkapnya.

Atas dasar tersebut, Bupati Nunukan berharap Muscab yang digelar dapat melakukan evaluasi seluruh program baik yang telah maupun belum dilaksanakan. Apalagi, Muscab bertujuan untuk memilih para pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Nunukan untuk periode lima tahun mendatang.

“Saya berharap, sinergitas, kebersamaan, koordinasi dan loyalitas antara pengurus baru dan yang lama mampu menghasilkan ide, gagasan serta program kerja yang dibutuhkan sesuai situasi dan kondisi terkini, dapat menghasilkan kepengurusan yang kuat dan visioner, serta mampu menyusun program – program pramuka yang dapat menarik minat anak muda untuk ikut serta di dalamnya, melalui program-program yang visioner, inovatif dan kreatif, diikuti dengan kemajuan teknologi informasi,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Nunukan H. Trisno Hadi mengungkapkan bahwa Muscab kali ini harus dapat menghasilkan kebijakan yang memberi dan membawa warna baru dalam Kwarcab Gerakan Pramuka Nunukan.

“Siapa pun nantinya yang terpilih menjadi Ketua Kwarcab Pramuka Nunukan, saya berharap dapat menjalankan program-program yang berorientasi terutama pada pembangunan karakter anak bangsa, Tugas kita bersama membawa Gerakan Pramuka lebih maju. Untuk itu, buang semua rasa ego yang dapat mengganggu karena jiwa korsa adalah bagian dari pramuka,” pungkasnya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Muscab Hj Masria menjelaskan Muscab digelar guna merumuskan langkah visi dan misi yang dapat memberikan kemajuan besar terhadap kemajuan pramuka Kabupaten Nunukan.

Baca Juga: Hari Pertama Ngantor Pasca Cuti Kampanye, Laura Blusukan ke Pabrik Pengolah Rumput Laut

“Selamat datang untuk bermusyawarah, tentu kedatangan kakak – kakak membawa misi untuk bersama-sama memajukan Kepramukaan dengan semangat dan penuh persaudaraan,” katanya.

Menurut Masria berkembangnya dinamika biasanya selalu diikuti oleh semakin meningkatnya tantangan yang akan dihadapi oleh setiap organisasi, oleh karena itu, diperlukan suatu forum bagi berlangsungnya suatu proses evaluasi atas pelaksanaan program kerja serta dirumuskan langkah penyempurnaan yang diperlukan untuk mengimbangi pesatnya perkembangan zaman.

“Musyawarah cabang ini merupakan agenda tertinggi dalam sebuah organisasi, oleh karenanya muscab ini merupakan momentum yang tepat dalam upaya menggairahkan dan menghidupkan serta membawa organisasi ini kearah perubahan yang lebih baik, dan tentunya mencari dan memilih ketua kwarcab gerakan Pramuka Nunukan untuk masa lima tahun mendatang,” tutupnya. (hms/ad)

Leave a Reply