Drone Pengintai Asing di Laut Selayar, Fadli Zon: Ini Penghinaan Kedaulatan NKRI

Politikus Gerindra, Fadli Zon. -jpnn.com-

Politikus Gerindra, Fadli Zon berang terkait penemuan drone pengintai yang diduga milik China di perairan Selayar, Sulawesi Selatan. Ia meminta pemerintah segera melakukan protes keras kepada negara pemilik drone pengintai tersebut.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Fadli Zon, mengungkapkan, Indonesia bukan merupakan wilayah yang terpetakan, sehingga tidak seharusnya dapat secara bebas dimasuki benda semacam drone pengintai terlebih di wilayah laut.

Karena itu, Anggota Komisi I DPR ini juga menganggap masuknya drone diduga milik asing tersebut juga merupakan sebuah penghinaan terhadap kedaulatan RI.

Baca Juga: Drone Pengintai China di Perairan Selayar, DPR Desak Kemenlu Layangkan Surat Protes

“Urusan drone asing berkeliaran di wilayah NKRI adalah penghinaan thd kedaulatan RI. Indonesia bukan “terra incognita”,” cuit Fadli dalam akun twitternya @fadlizon, Minggu (3/1/2021).

Urusan drone asing berkeliaran di wilayan NKRI adalah penghinaan thd kedaulatan RI. Indonesia bukan “terra incognita”. Harus dipanggil segera pemilik drone yg beroperasi ilegal di wilayah kita. https://t.co/cNojKDggRb

— FADLI ZON (Youtube: Fadli Zon Official) (@fadlizon) January 2, 2021

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI juga meminta pemerintah segera melakukan protes keras kepada negara pemilik drone pengintai tersebut.

“Harus dipanggil segera pemilik drone yg beroperasi ilegal di wilayah kita,” tukasnya.

Baca Juga: Tegas Sikapi Klaim China, Jokowi Kunjungi Natuna

Seperti diketahui sebelumnya, seorang nelayan Indonesia menemukan benda mirip rudal lengkap dengan kamera di dalamnya di Pulau Selayar, Sulawesi Selatan saat malam Natal kemarin. Ahli pertahanan dan keamanan Australian Strategic Policy Institute, Malcolm Davis menduga benda itu adalah drone bawah laut yang dikirim China untuk memahami oseanografi dan sifat batimetri bawah laut wilayah tersebut.

Davis menilai insiden itu patut diwaspadai karena drone tersebut ditemukan pada rute maritim utama yang menghubungkan Laut China Selatan dengan Samudera Hindia dekat daratan Australia.

Baca Juga: Nelayan Donggala Temukan ABK Asal Filipina, Sudah Dua Hari di Tengah Laut

Menurut Davis, hal tersebut merupakan sinyal bahwa Angkatan Laut China bersiap mengerahkan kapal selam lebih dekat ke pesisir pantai utara Australia.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin juga mendesak Kementerian Luar Negeri untuk mengeluarkan not diplomatik memprotes keras kepada negara pemilik drone laut tersebut.

Baca Juga: 2 WNA Asal China dalam Pengawasan Imigrasi Makassar

(#)

2 thoughts on “Drone Pengintai Asing di Laut Selayar, Fadli Zon: Ini Penghinaan Kedaulatan NKRI

  1. Pingback: Gubernur Sulsel Protes China Terkait Penemuan Drone Laut di Selayar | Newsurban

  2. Pingback: Terkait Penemuan Seaglider di Selayar, Nurdin Abdullah Mengaku Belum Melayangkan Surat Protes | Newsurban

Leave a Reply