Dikabarkan Gojek dan Tokopedia Akan Merger?

Dua raksasa digital di Indonesia, Gojek dan Tokopedia dikabarkan akan merger. Nilai merger dua perusahaan itu mencapai Rp250,2 triliun.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Tokopedia dan Gojek Indonesia dikabarkan bakal melakukan merger (penggabungan usaha). Diperkirakan, nilai merger kedua raksasa digital di Indonesia itu mencapai Rp250,2 triliun (USD18 miliar).

Isu merger kedua perusahaan awalnya berhembus dari pemberitaan Bloomberg. Bloomberg memberitakan, kedua perusahaan rintisan (start-up) itu tengah menggelar diskusi terkait merger ini.

Baca Juga: Pesaing GOJEK dan Grab Bernama Cyberjek, Ini Kelebihannya

Disebutkan, rencana ini, sudah menjadi pertimbangan kedua perusahaan sejak 2018. Merger dikabarkan kemungkinan bakal dilakukan dalam beberapa bulan ke depan.

Bisnis ojek online dan e-commerce itu, bila bergabung, bila bergabung, nilai perusahaan akan tembus USD25 miliar atau Rp347,5 triliun.

Baca Juga: Mulai Berlaku, Ini Tarif Baru Gojek dan Grab

Kabar merger kedua perusahaan berplatform digital itu, kian berhembus menjelang rencana IPO (Initial Public Offering) atau penawaran saham perdana Tokopedia di bursa saham.

Namun manajemen kedua perusahaan membantah isu itu. “Kami tidak dapat memberikan komentar terhadap rumor dan spekulasi di pasar,” kata Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita dikutip CNNIndonesia.com, Selasa (5/1).

Baca Juga: Cegah Penyebaran Corona, Kementerian Pertanian Gandeng Jasa Layanan Online

Pihak manajemen Tokopedia pun membantah. Perwakilan manajemen Tokopedia menyebut kabar itu adalah rumor dan spekulasi pasar.

Selanjutnya: Gubernur Sulsel Protes China Terkait Penemuan Drone Laut di Selayar

(*)

Leave a Reply