Ketua DPP Apdesi: Kepala Desa Harus Paham Hukum

“Kepala Desa harus memahami hukum agar tak mudah di bodoh-bodohi oleh oknum tertentu terkait persoalan hukum.” Ketua DPP Apdesi, Sindawa Tarang.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Ketua DPP Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Sindawa Tarang memberikan suplemen kepada puluhan Kepala Desa yang mengikuti Rapat Kerja dan Rapat Koordinasi di Aerotel Smile Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 9 Januari 2021.

Selain Sindawa Tarang, rakor yang berlangsung tiga hari ini dihadiri Ketua DPD Sulsel Sri Rahayu Usmi, Ketua DPC Bone Andi Mappakaya Amir, dan puluhan Kepala Desa dari Kabupaten Bone.

Baca Juga: Nurdin Abdullah Resmikan Jembatan Sungai Watu, Bupati Bone: Dulu Pemerintah Dibully Lantaran Jembatan Ini

Suplemen yang diberikan bukan suplemen makanan melainkan suplemen materi terkait langkah taktis yang harus dilakukan Pemerintah Desa ketika ada masalah, baik terkait hukum atau lainnya.

“Yang kebanyakan terjadi adalah Kepala Desa ini kadang ditakut-takuti oleh oknum tertentu. Jadi Kepala Desa harus memahami hukum agar tak mudah di bodoh-bodohi oleh oknum tertentu terkait persoalan hukum,” kata Sindawa Tarang.

Baca Juga: Brimob Bone Kembali Gelar Patroli di Objek Wisata

Tak hanya itu. Dia menegaskan, ketika ada pihak tertentu yang datang untuk meminta data terkait desa khususnya pengelolaan anggaran untuk tidak langsung memberikan.

“Ketika ada hal seperti itu datang untuk meminta data ini dan itu segera koordinasikan Ketua DPC Apdesi. Jangan takut, selama tidak salah saya akan dampingi ketika harus berhadapan dengan hukum. Jangan sungkan untuk koordinasi sama Ketua DPC Apbesi Bone, anggap beliau adalah saudara kalian,” ucap Sindawa.

Ketua DPD Apdesi Sulawesi Selatan, Sri Rahayu Usmi berharap dalam pengelolaan anggaran desa harus ada kesamaan persepsi agar tak terjadi persoalan dikemudian hari.

“Kami berharap ada ketenangan terhadap persamaan persepsi dalam pengelolaan anggaran dana desa. Dalam penggunaan Dana Desa tidak usah takut ketika apa yang dilakukan itu benar,” kata Sri Rahayu.

Baca Juga: Sambangi Pelelangan Ikan Lonrae, Nurdin Abdullah Dengar Keluhan Nelayan Bone

BERSINERGI DENGAN MEDIA
Ketua DPC Apdesi Bone, Andi Mappakaya Amir berpesan kepada puluhan Kepala Desa yang hadir, agar tidak kaku dalam menyikapi awak media ketika mereka datang.

“Keterlibatan media sangat kita butuhkan karena kita juga butuh publikasi, yang terpenting adalah komunikasi dengan teman-teman media. Sama halnya kita datang ke pesta bukan karena makanannya tetapi karena silaturahimnya, begitu juga dengan teman media mereka mungkin datang untuk bersilaturahim,” ujar Andi Mappakaya Amir. (fan)

Leave a Reply