Gempa Sulbar, Brimob Gercep Bangun Dapur Umum, Bersihkan Reruntuhan Bangunan di Majene

Satbrimob Polda Sulsel, gabungan beberapa Batalyon, saat tiba di Majene, bergerak cepat (Gercep), –meninjau lokasi bencana dan membersihkan puing-puing bangunan yang rusak, Sabtu (16/1/2021).

MAJENE, NEWSURBAN.ID — Membawa peralatan lengkap yang dibutuhkan seperti mobil water treatment, mobil dapur lapangan, mobil repiter untuk mendukung sistem komunikasi, rombongan Satbrimob Polda Sulsel langsung bekerja.

Satbrimob Polda Sulsel yang di dalamnya terdapat 1 SST personel Batalyon C Pelopor menempuh perjalanan darat ke posko bencana korban gempa Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Baca Juga: Misi Kemanusiaan, Batalyon C Pelopor Kirim 1 SST ke Sulbar

Personel langsung bergegas mendirikan tenda-tenda darurat yang akan digunakan sebagai posko dan dapur lapangan tanggap bencana untuk membantu korban gempa Sulbar.

Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel yang bertindak sebagai Danyon Gas Satbrimob Polda Sulsel BKO Polda Sulbar Kompol Nur Ichsan mengatakan, setiba di posko bencana, dirinya telah berkoordinasi dengan pihak terkait perihal pelaksanaan tugas yang akan dilakukan personel Satbrimob Polda Sulsel selama berada di posko bencana.

Baca Juga: Mensos Risma Minta Warga Sulbar Jauhi Tepi Pantai

Usai berkoordinasi, Nur Ichsan mengaku meninjau langsung lokasi pemukiman yang terkena dampak gempa paling parah untuk melakukan penyisiran korban dan pembersihan puing-puing bangunan yang rubuh akibat gempa magnitudo 6.2.

Nur Ichsan, menjelaskan personel Satbrimob Polda Sulsel di Kabupaten Majene Sulawesi Barat adalah untuk menjalankan misi kemanusiaan membantu korban gempa.

Baca Juga: ACT Dirikan Posko Kemanusiaan Untuk Korban Gempa Sulbar

“Tugas utama kami di sini adalah menjalankan misi kemanusiaan sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia, jadi selama berada di sini, kami akan fokus membantu warga korban gempa serta membantu proses pemulihan kembali pasca gempa berkekuatan 6.2 Skala Rikter yang terjadi di Kabupaten Majene Sulawesi Barat,” ungkap Nur Ichsan.

“Sebelum melakukan itu semua terlebih dahulu kami menyiapkan beberapa fasilitas dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membantu masyarakat korban gempa serta melakukan survei ke beberapa titik untuk melakukan tindakan-tindakan yang akan diambil kedepannya,dimana dalam pelaksanaan tugas tetap memperhatikan prokes,” jelasnya.

Baca Juga: Nurdin Abdullah Siapkan Rumah Sakit Penyangga untuk Korban Gempa Sulbar

Sementara itu Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis, yang ikut memimpin tim mengatakan, kehadiran personel Satbrimob Polda Sulsel di Kabupaten Majene Sulawesi Barat dengan membawa peralatan lengkap yang dibutuhkan untuk membantu korban bencana.

“Kami membawa peralatan lengkap yang dibutuhkan seperti mobil water treatment dan mobil dapur lapangan. Kami juga membawa mobil repiter untuk mendukung sistem komunikasi di lokasi bencana. Ini semua kami lakukan sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia,” pungkas Muhammad Anis. (fan)

Selanjutnya: BMKG: Bila Gempa Kuat Guncang Majene Lagi Ada Potensi Tsunami

2 thoughts on “Gempa Sulbar, Brimob Gercep Bangun Dapur Umum, Bersihkan Reruntuhan Bangunan di Majene

  1. Pingback: Dua KRI Angkut Bantuan Korban Gempa Sulbar Tiba di Mamuju | Newsurban

  2. Pingback: Update Gempa Sulbar: 73 Meninggal Dunia, 15 Ribu Mengungsi di 15 Titik | Newsurban

Leave a Reply