KPU Jadwalkan Penetapan Danny-Fatma Walikota Makassar Terpilih pada 23 Januari

Pasangan Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) akan ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar sebagai Walikota Makassar pada 23 Januari 2021.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — KPU Kota Makassar mengagendakan akan menetapkan pasangan Danny-Fatma sebagai Walikota dan Wakil Walikota Makassar terpilih pada 23 Januari 2021.

Penetapan akan dilakulan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan daftar perkara yang telah teregistrasi.

“Insyaallah akan digelar hari Sabtu tanggal 23 Januari 2021. Penjadwalan ini dilakukan setelah ada surat MK ke KPU mengenai perkara yang terregister di MK,” kata Anggota KPU Makassar Gunawan Mashar kepada wartawan, Kamis 21 Januari 2021.

Baca Juga: Hitungan Cepat LSI: Danny-Fatma Unggul di Pilwali Makassar

Menurut Gunawan, peserta yang diundang dalam penetapan adalah semua pasangan calon, dan juga perwakilan partai pengusul.

Bawaslu dan Forkopimda juga akan diundang. Penetapan akan digelar dengan menerapkan protokoler kesehatan.

“Yang bisa memasuki area hanya yang disyaratkan oleh regulasi,” ungkap Gunawan.

Baca Juga: Hasil Survey CRC: Danny-Fatma Unggul 45,9%, Appi-Rahman 35,2%

KPU Makassar mengumumkan pasangan calon nomor urut 1 Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi atau Danny-Fatma sebagai pemenang pilkada di Kota Makassar, berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara.

“Rekapitulasi hasil penghitungan suara pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, dengan ini dinyatakan disahkan,” ucap Ketua KPU Makassar Faridl Wajdi saat rapat pleno pengumuman hasil di Makassar, pada 15 Desember 2020 lalu.

Hasil akhir rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU Makassar di 15 kecamatan, pasangan nomor urut 1 menang. Danny-Fatma unggul secara signifikan di 14 kecamatan. Total perolehan suaranya sebanyak 218.908 ribu suara atau 41,3 persen dari total suara sah.

Baca Juga: Danny-Fatma Berpeluang Menang Pilwalkot Makassar, Ini Faktanya!

Kedua pasangan nomor urut 2, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando atau Appi-Rahman dengan suara 184.094 ribu (34,7 persen). Pasangan ini hanya unggul di satu kecamatan.

Selanjutnya, pasangan nomor urut tiga, Syamsu Rizal MI-Fadli Ananda atau Dilan, memperoleh suara 100.869 ribu suara (19,0 persen).

Terakhir pasangan nomor urut empat, Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin NH atau Imun sebanyak 25.817 ribu (4,9 persen).

Total suara sah hasil rekapitulasi sebanyak 529.668 ribu suara, dan 7.897 suara tidak sah. (#)

Leave a Reply