KPU Tetapkan Chaidir Syam-Suhartina Bohari Pemenang di Pilkada Maros

Penetapan itu dilakukan setelah menggelar dalam rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Maros di Grand Town Hall Mandai, Maros, Sabtu (23/1/2021).

MAROS, NEWSURBAN.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPD) Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel) menetapkan Chaidir Syam dan Suhartina Bohari sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Maros periode 2021-2024.

Penetapan itu dilakukan setelah menggelar dalam rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Maros di Grand Town Hall Mandai, Maros, Sabtu (23/1/2021).

“Penetapan ini dilakukan berdsarkan surat MK tentang perkara hasil pemilu dan surat KPU RI, dimana provinsi atau kabuoaten kota yang tidak bersengketa harus melaksanakan penetapan paling lambat 5 hari setelah surat itu terbit,” ungkap Sayamsu Rizap, Ketua KPU Maros.

Baca juga: KPU Tetapkan Danny-Fatma Walikota-Wakil Walikota Makassar

Sementara untuk jadwal pelantikan, Rizal mengatakan hal itu menjadi domain Kemendagri dan Gubernur.

“Kami dari KPUD Maros mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang ikut berpartisispasi sehingga menjadikan Pilkada Maros berjalan aman dan lancar. Pelaksanaan Pilkada Maros tidak akan berjalan dengan lancar tanpa partisipasi semua belah pihak,” kata Rizal.

Baca jugaKPU Gowa Tetapkan Adnan-Kio Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Periode 2021-2026

Pasangan calon Chaidir Syam dan Suhartina Bohari dengan nomor urut 2 diusung Partai PAN, PBB, Hanura, dan PPP ditetapkan sebagai pasangan Bupati setelah mengalahkan dua rivalnya yaitu pasangan Tajerimin Nur-Havid Fasha dan A. Harmil Mattotorang-A.Ilham Najamuddin dalam Pilkada Maros 2020 Desember lalu.

Diketahui, pasangan Chaidir-Suhartina menang dengan jumlah suara 82.770, disusul pasangan Harmil-Ilham dengan perolehan suara 64.512, selanjutnya pasangan Tajerimin Havid dengan junlah suara 48.308. Total jumlah suara yang ikut di Pilkada Maros 2020 yakni 187.104. Dengan jumlah suara sah 159.590, sementara suara tidak sah sebanyak 1514. (*)

Leave a Reply