Presiden Joe Biden Larang Warga dari 37 Negara Masuk AS, Indonesia Tidak Termasuk!

Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (foto: twitter @JoeBiden)

Amerika Serikat (AS) kini memberlakukan larangan bagi warga negara non-AS untuk memasuki wilayahnya. Negara terbaru yang dilarang adalah Afrika Selatan (Afsel).

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Presiden Joe Biden melarang 37 warga negara non-AS masuk ke wilayah Amerika Serikat sebagai upaya menahan penyebaran mutasi baru virus corona yang lebih mudah menular.

Diketahui, AS merupakan negara dengan kasus corona terbanyak di dunia saat ini. “Kami menambahkan Afsel ke daftar terbatas karena varian yang mengkhawatirkan yang telah menyebar ke luar Afrika Selatan,” kata Dr. Anne Schuchat, wakil direktur utama Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), dilansir dari Reuters.

Baca Juga: Uni Eropa Minta Joe Biden Pimpin Perang Global Lawan Covid-19

Menucurt Schuchat, CDC juga menerapkan serangkaian tindakan ini untuk melindungi orang Amerika dan juga untuk mengurangi risiko penyebaran varian ini dan memperburuk pandemi. Varian Afsel, juga dikenal sebagai varian 501Y.V2, 50% lebih menular dan telah terdeteksi di setidaknya 20 negara.

Meski varian Afsel hingga kini, belum ditemukan di AS, tetapi setidaknya 20 negara bagian AS telah mendeteksi varian Inggris yang dikenal sebagai B.1.1.7. Vaksin saat ini tampaknya efektif melawan mutasi Inggris.

Baca Juga: Kalah, Trump Lampiaskan Kemarahan di Twitter dan Klaim Menang

Pejabat CDC juga mengatakan mereka akan terbuka untuk menambahkan negara lain ke daftar jika diperlukan. Dengan Afsel, saat ini total ada 37 negara yang dilarang.

Negara yang sebelumnya sudah dilarang untuk terbang ke AS, dikutip dari situs CDC:

- China
- Iran
- Austria
- Belgia
- Republik Ceko
- Denmark
- Estonia
- Finlandia
- Prancis
- Jerman
- Yunani
- Hungaria
- Islandia
- Italia
- Latvia
- Liechtenstein
- Lituania
- Luksemburg
- Malta
- Belanda
- Norwegia
- Polandia
- Portugal
- Slovakia
- Slovenia
- Spanyol
- Swedia
- Swiss
- Monako
- San Marino
- Vatikan
- Inggris
- Skotlandia
- Wales
- Republik Irlandia
- Brazil
- Afrika Selatan (terbaru)

Dilansir situs CDC, dengan pengecualian khusus, warga negara asing yang telah berada di salah satu negara di atas selama 14 hari terakhir tidak boleh memasuki AS.

Baca Juga: Waspada! VUI-202012/01, Varian Baru Corona Virus Asal Inggris Lebih Dahsyat

Warga negara dan penduduk tetap yang sah di AS, anggota keluarga tertentu dan individu lain yang memenuhi pengecualian tertentu yang telah berada di salah satu negara yang tercantum di atas dalam 14 hari terakhir, akan diizinkan untuk masuk ke AS. (*)

Leave a Reply