Kepala KUA Nunukan: Pandemi Covid-19 Menurunkan Semangat Nikah

Kepala KUA Kabupaten Nunukan, Salahuddin.

“Jika biasanya, dalam situasi normal sebelum Covid-19 ini, dalam sebulan ada 40 sampai 50 pasangan yang mendaftar ke KUA, tapi sejak awal Covid angka pendaftar hanya pada 20 hingga 27 saja.” Kepala KUA Salahuddin.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID — Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kabupaten Nunukan mencatat sebanyak 22 pasang pengantin resmi membina bahtera rumah tangga pada awal tahun Januari 2021 di tengah pandemi Covid-19.

Diketahui hal tersebut mengalami penurunan yang cukup signifikan dari bulan sebelumnya atau pada tahun 2020 lalu. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala KUA Kabupaten Nunukan, Salahuddin.

“Jika biasanya, dalam situasi normal sebelum Covid-19 ini, dalam sebulan ada 40 sampai 50 pasangan yang mendaftar ke KUA, tapi sejak awal Covid angka pendaftar hanya pada 20 hingga 27 saja,” terang Kepala KUA, Salahuddin, Selasa (26/01/2021).

Baca Juga: Pencanangan ZI, Bupati Laura Harap WBK dan WBBM BPN Nunukan Terwujud

Menurutnya penurunan angka tersebut terjadi karena tingkat kesadaran masyarakat yang mulai tumbuh untuk menunda, menjadwal ulang atau membatalkan rencana akad nikah karena kondisi pandemi virus Corona.

Ditambah kata dia, sejak April hingga Mei 2020 mekanisme pelayanan akad nikah di KUA diperketat dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai kebijakan yang telah diatur pemerintah serta akad nikah hanya dilaksanakan di balai nikah atau KUA.

“Sebelumnya kan melalui online, kemudian saat ini sudah bisa tatap muka, tapi tetap saja penerapan protokol kesehatan umum saja. Kita tidak mengatur pasangan untuk melampirkan Rapid test atau sejenisnya, hanya membatasi tamu, jaga jarak, dan dilaksanakan di KUA,” tambahnya.

Baca Juga: Luncurkan SOA Nunukan-Long Bawan, Bupati Laura: Peran Pemerintah Harus Dapat Dirasakan Masyarakat

Lebih jauh kata Salahuddin, sosialisasi pihaknya agar semua tetap bisa melaksanakan pernikahan dengan mematuhi protokol kesehatan, lebih baik melaksanakan di KUA. Salahuddin pun menyampaikan bahwa pihak KUA memberikan fasilitas layaknya acara nikah berupa pelaminan dan gratis tanpa dipungut biaya apapun.

“Fasilitas di KUA kita siapkan pelaminan, gratis tidak dipungut biaya. Kita hanya membatasi tamu saja,” tutupnya. (Ar)

One thought on “Kepala KUA Nunukan: Pandemi Covid-19 Menurunkan Semangat Nikah

  1. Pingback: Kemenag Nunukan Keluarkan Kartu Nikah Berbasis Wbsite | Newsurban

Leave a Reply