Sambangi Panglima TNI, Kapolri Listyo Bahas Sinergitas Polisi-Tentara

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Mabes TNI, Minggu 31 Januari 2021. (foto: trabrata)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyambangi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, di Mabes TNI, Minggu (31/1). Dua Jenderal itu membahas sinergi Polri dan TNI.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, kunjungan tersebut merupakan silaturahmi usai dirinya dilantik sebagai Kapolri untuk meningkatkan sinergitas dan solidaritas antara TNI-Polri yang selama ini sudah berlangsung.

“Oleh karena itu tentunya kewajiban saya selaku Kapolri yang baru untuk terus menjaga dan bahkan meningkatkan sinergitas dan solidaritas yang telah kami laksanakan,” kata Listyo di Denma Mabes TNI.

Listyo mengatakan, saat ini memang banyak kerja sama maupun penugasan TNI-Polri dalam hal pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Termasuk, mengenai penegakan aturan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di masyarakat.

Baca Juga: Presiden Resmi Lantik Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri

Kapolri juga menyinggung kerja sama TNI-Polri dalam sejumlah operasi pengamanan di daerah-daerah rawan konflik seperti di Poso dan Papua. “Dalam kesempatan ini kami terus berkomitmen agar sinergitas dan solidaritas TNI-polri terus akan menjadi lebih baik, lebih solid. Sehingga masyarakat betul-betul merasakan TNI-Polri di lapangan dalam rangka memberikan rasa aman, dalam rangka memelihara Kamtibmas,” jelas Listyo.

Kapolri menekankan, stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat akan berdampak positif pada iklim pertumbuhan ekonomi.

Sementara Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kunjungan Listyo dan sejumlah pejabat Polri lainnya. Menurut Hadi, dalam kesempatan itu, mereka turut membicarakan sejumlah hal. “Ada beberapa agenda yang kita bicarakan, di antaranya adalah rencana rapat pimpinan TNI-Polri yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2021,” ujar Hadi.

Baca Juga: Listyo Sigit Calon Tunggal Kapolri, Ini Rekam Jejaknya

Kemudian, dalam konteks tugas, Hadi menegaskan TNI mendukung penegakan hukum yang dilaksanakan oleh Polri demi terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

Saat ini TNI juga tengah melaksanakan penegakan protokol kesehatan di seluruh wilayah Indonesia.

“Baik dengan memberikan edukasi, sosialiasasi untuk tidak bosan-bosan dan tidak jenuh menggunakan masker. Dengan menggunakan masker saya akan melindungi saudara dan saudara akan melindungi saya dari terpaparnya Covid-19,” kata Hadi.

Baca Juga: Panglima TNI-Kapolri dan Gubernur Sulsel Gandeng Pimpinan Ponpes Untuk Penanganan Covid-19

Listyo telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada 23 Januari lalu setelah diajukan sebagai calon tunggal dan menjalani fit and proper test di DPR.

Usai dilantik, Listyo juga menyambangi sejumlah tokoh termasuk ke ormas keagamaan yakni Nadhlatul Ulama, Muhammadiyah, hingga Rabithah Alawiyah. (ci/*)

Leave a Reply