Taat Bayar Pajak, Bupati Laura: Pejabat dan ASN Harus Jadi Teladan

Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan diminta bisa menjadi teladan bagi masyarakat dalam hal ketaatan membayar pajak.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID — Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid
mengatakan, keteladanan ASN dan pejabat dalam hal ketaatan membayar pajak sangat diperlukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak.

Ketaatan dari ASN dan pejabat sekaligus untuk menepis anggapan dari sebagian orang yang menilai justru para pejabat dan orang – orang pentinglah yang selama paling tidak taat dalam membayar pajak.

Baca Juga: Hadiri Entry Meeting BPK Kaltara, Bupati Laura Sampaikan Komitmen Wujudkan Zona Integritas

“Pejabat dan ASN harus mampu membuktikan bahwa anggapan tersebut keliru, dengan tertib dan rutin dalam membayar pajak. Mulai dari membayar PBB, pajak kendaraan bermotor, dan selalu melaporkan SPT tahunan,” kata Laura saat membuka kegiatan Pekan Panutan dan Asistensi Pengisian SPT Tahunan Tahun Pajak 2020 di ruang pertemuan serbaguna Lt. V Kantor Bupati Nunukan, Senin (2/2). Kegiatan itu, dihadiri oleh sekretaris daerah Kabupaten Nunukan Serfianus, para kepala dan bendahara di masing-masing OPD.

Selain dengan keteladanan, katanya, upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak juga harus dilakukan melalui edukasi dan pemberian apresiasi.

Baca Juga: Resmikan 5 Sekolah, Bupati Laura: Wujudkan Pemerataan Pendidikan di Nunukan

Masyarakat harus diberikan pemahaman tentang manfaat dan arti pentingnya membayar pajak bagi pembangunan bangsa dalam bahasa-bahasa yang mudah dimengerti.

“Masyarakat jangan diberikan jargon dan slogan-slogan pajak yang terlalu elitis dan sulit untuk dimengerti. Mereka (masyarakat) harus disentuh dengan pendekatan dan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti,” jelasnya.

Baca Juga: Pencanangan ZI, Bupati Laura Harap WBK dan WBBM BPN Nunukan Terwujud

Laura juga mengingatkan kepada pimpinan OPD Pemkab Nunukan untuk dapat memperhatikan, memberikan pemahaman dan mengawasi pelaksanaan Perbup 44 Tahun 2020 tentang ASN Sebagai Pelopor Pajak dan Retribusi Daerah.

“Terkhusus terkait pemungutan beberapa macam retribusi yang sebenarnya menguntungkan para wajib pajak dan daerah bila dipahami dengan penuh kesadaran”, ujarnya.

Baca Juga: Tinjau Belagaone, Bupati Laura Harap Bisa Gerakkan Ekonomi Masyarakat

Sementara Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) Tarakan Gerrits Parlaungan Tampubolon dalam kesempatan yang sama mengatakan, Kabupaten Nunukan menyumbang konstribusi sebesar 30,79 persen terhadap penerimaan pajak di KPPP Tarakan.

Adapun penerimaan pajak di Kabupaten Nunukan, kata Gerrits, selama ini masih didominasi oleh pembayaran pajak di sektor pertambangan, perkebunan, dan kontruksi. (hms/ad)

Leave a Reply