Laporan Dugaan Pemerasan Oknum Polisi di Bone Sudah Ada di Polda

ILUSTRASI

Andi Ilham kuasa hukum Ikha telah melaporkan hal ini ke Propam Polda, namun belum ada informasi perkembangan laporan terkait dugaan pemerasan yang dilakukan Oknum Satuan Narkoba Polres Bone.

BONE, NEWSURBAN.ID — Kasus Ikha Radiatna warga Jalan Andi Malla, Kelurhan Biru, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang diduga menjadi korban pemerasan oleh oknum anggota Sat Narkoba Polres Bone berinisial (AL) kembali mencuat.

Pasalnya, kasus tersebut tidak terdengar. Namun belakang ini beredar informasi bahwa pihak kepolisian Polres Bone telah mengembalikan uang tersebut sebesar Rp10 juta ke Ikha melalui kuasa hukumnya Andi Ilham.

Ikha dikonfirmasi membenarkan hal tersebut adanya pengembailan uang senilai Rp 10 Juta. “Iye, sudah kembali melalui kuasa hukum saya waktu itu,” kata Ikha melalui Massenger.

Terpisah, kuasa hukumnya bernama Andi Ilham juga membenarkan hal itu. Ia mengatakan uang tersebut dikembalikan setelah pihaknya melaporkan oknum anggota Narkoba tersebut yang diduga melakukan pemerasan.

“Awalnya saya Somasi oknum tersebut, namun tidak ditanggapi, sehingga saya melaporkannya secara tertulis,” kata Andi Ilham Rabu (10/2/2021).

Lanjut Andi Ilham, sebelumnya dia melaporkan secara tertulis oknum tersebut, kemudian setelah itu dia konfirmasi ke Kapolres Bone AKBP Try Handako, namun sayangnya pada saat itu tidak mendapat respon baik.

“Saat saya ketemu dengan Pak Kapolres saya sampaikan bahwa oknum itu saya laporkan. Tiba-tiba dia mengatakan bahwa saya melindungi narkoba, bahkan menunjuk-nunjuk bahwa pakaian saya semuanya hasil dari narkoba, jelas saya tidak terima hal itu,” ucapnya.

Lebih jauh Andi Ilham mengatakan, beberapa hari setelah itu tiba-tiba uang Rp 10 juta kembalikan ke dia untuk diserahkan ke kliennya bernama Ikha.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Bone AKP Zaki Sungkar yang dikonfirmasi mengaaku tidak mengetahui soal adanya pengambilan dan pengembalian uang senilai 10 juta.

“Berani sumpah, saya betul-betul tidak tau soal itu, ketika saya mengetahui informasi itu saya ini marah dan langsung menanyakan kesemua porsenil Anggota Sat Narkoba terkait informasi itu dan mengatakan jika memang ada diantara kalian yang melakukan itu saya berharap mempertanggungjawabkan perbuatan ini dihadapan Kapolres,” katanya Rabu (10/2/2021).

Zaki juga menambahkan bahwa tidak semua tindakan anggota dilaporkan ke Kasat. Kalau itu memang benar, biarkan mereka tanggung jawab dihadapan pimpinan dan kalau pun ada itu bukan membawa Insitusi tapi person.

“Makanya Kapolres ini turunkan tim untuk tindak lanjuti soal ini. Kapolres juga cek siapa yang bermain dinarkoba,” ucap Zaki.

Atas Kasus ini, Ilham kuasa hukum Ikha telah melaporkan hal ini ke Propam Polda, namun belum ada informasi perkembangan laporan terkait dugaan pemerasan yang dilakukan Oknum Satuan Narkoba Polres Bone. (Fan/*)

Leave a Reply