Tips Mengurangi Resiko Pada Mata Selama Belajar Daring

Ilustrasi Belajar Daring

Pandemi virus corona covid-19 terjadi di Indonesia ternyata berdampak pada metode belajar mengajar yang diharuskan melakukan sistem pembelajaran daring dinilai sebagai solusi tepat.

NEWSURBAN.ID –– Pandemi virus corona covid-19 terjadi di Indonesia ternyata berdampak pada semua sektor. Salah satunya adalah sektor pendidikan yang mana saat ini mengalami perubahan drastis selama Covid menyerang negara saat ini.

Dimana metode belajar mengajar diharuskan melakukan sistem pembelajaran daring dinilai sebagai solusi tepat. Alhasil, siswa dapat menghabiskan hingga 8 jam sehari di depan layar untuk sekolah, ditambah jika siswa bermain game atau menonton video di luar jam belajar. Hal ini dapat meningkatkan gangguan pada mata.

Gangguan pada mata yang dapat terjadi adalah seperti mata terasa buram, kering, merah, atau iritasi mata, penglihatan kabur atau beberapa sakit kepala pada leher dan bahu, sengatan sinar biru dari Ultra violet dapat merusak mata dan menyebabkan gangguan penglihatan.

Berikut adalah beberapa tips mengurangi Resiko pada mata selama belajar daring:

1. Perhatikan Jarak

Jarak ideal membaca buku adalah 30 sentimeter, dari buku ke mata. Baca juga buku dalam posisi tidur. Istirahatkan mata usahakan untuk mengistirahatkan mata, terutama saat sangat lama berada di depan layar komputer atau laptop.

2. Sesuaikan Waktu

Sesuaikan waktu dengan pengaturan 20-20-20 yaitu 20 menit setelah menatap layar, dapat mengistirahatkan mata selama 20 detik dan juga mengamati objek sejauh 20 langkah.

3. Tidak Mengucek Mata

Jangan mengucek mata, usahakan untuk tidak menggosok mata saat tangan kotor atau setelah memegang benda. Tangan yang kotor bisa menginfeksi mata, akibatnya akan sangat buruk untuk kesegaran mata.

Itulah tips mengurangi ketegangan mata akibat menatap layar selama belajar daring. (*)

Leave a Reply