KPK Keluarkan Peraturan, ASN Tak Boleh Terlibat Organisasi Terlarang

Salah satu syarat menjadi Aparatur Sipil Negara di KPK adalah tidak terlibat kegiatan organisasi yang dilarang pemerintah dan/atau putusan pengadilan.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerbitkan Peraturan Komisi (Perkom) Nomor 1 Tahun 2021 tentang tata cara pengalihan pegawai lembaga antikorupsi itu menjadi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Peraturan KPK Nomor 1 Tahun 2021 ini ditandatangani Ketua KPK Firli Bahuri, memuat beberapa persyaratan bagi pegawai KPK yang akan beralih menjadi ASN.

Salah satunya tidak mengikuti organisasi terlarang. “Tidak terlibat kegiatan organisasi yang dilarang pemerintah dan/atau putusan pengadilan,” dikutip dari Perkom tersebut, Jumat (12/2/2021).

Persyaratan pengalihan pegawai KPK menjadi PNS, yakni bersedia menjadi PNS; setia dan taat pada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan pemerintah yang sah; tidak terlibat kegiatan organisasi yang dilarang pemerintah dan/atau putusan pengadilan; memiliki integritas dan moralitas yang baik; memiliki kualifikasi sesuai dengan persyaratan jabatan; dan memiliki kompetensi sesuai dengan persyaratan jabatan.

Baca Juga: FPI Ditetapkan Sebagai Organisasi Terlarang

Usai memenuhi syarat itu, nantinya para pegawai KPK akan menandatangani surat pernyataan dilanjutkan dengan asesmen tes wawasan kebangsaan oleh KPK bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Selain itu, bagi pegawai KPK yang tidak ingin menjadi PNS maka akan beralih menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Pegawai KPK yang tidak bersedia menjadi PNS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (6) beralih menjadi PPPK setelah memenuhi syarat Pasal 5 ayat (2) huruf b sampai dengan f dengan Jabatan Struktural, Jabatan Fungsional atau Jabatan Pelaksana sebagaimana tercantum dalam Lampiran II sampai dengan Lampiran V yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Komisi ini,” kata Perkom tersebut.

Tidak hanya itu, pegawai KPK yang sudah beralih menjadi ASN bisa diberhentikan karena beberapa hal yakni meninggal dunia; tidak lagi memenuhi syarat sebagai ASN sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5; dan permintaan sendiri secara tertulis. (#)

One thought on “KPK Keluarkan Peraturan, ASN Tak Boleh Terlibat Organisasi Terlarang

  1. Pingback: KPK Evaluasi Temuan Masalah Ekspansi Perkebunan Sawit di Papua | Newsurban

Leave a Reply