Distribusi Sembako dari Malaysia Dikawal TNI Bersama TDM

Memperlancar distribusi bahan pokok dan bahan bakar minyak ke Long Midang-Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara dikawal ketat aparat TNI bersama TDM. Bahan pokok, material, dan BBM tersebut dipasok dari Ba’kelalan, Serawak Malaysia.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID — Setelah pemerintah Malaysia mengizinkan distribusi bahan pokok, material, dan BBM diizinkan melalui Ba’kelalan, Serawak, aparat TNI melakukan pengawalan ketat.

Pengawalan oleh Batalyon Arhanud 16 / Sula Bhuana Chakti itu, dipimpin Danki Krayan Lettu Arh Angga Guruh. Dengan motto “Sigap Berani Setia”, Angga Guruh bersama pasukannya, Rabu siang (10/2/2021) tampak sigap menjalankan tugasnya.

Baca Juga: Luncurkan SOA Nunukan-Long Bawan, Bupati Laura: Peran Pemerintah Harus Dapat Dirasakan Masyarakat

Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Batalyon Arhanud 16/Sula Bhuana Chakti itu, mengawal, penjemputan bahan makanan dan binaan dari Ba’kelalan-Serawak, Malaysia ke Long Midang-Krayan, Kabupaten Nunukan, Indonesia.

Angga menjelaskan, pengawalan ini berdasarkan, hasil rapat koordinasi dengan Muspika. Angga langsung melaporkan kepada Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonarhanud 16/SBC Mayor Drian Priambodo, perihal adanya rencana tersebut.

“Sebelum melaksanakan pengawalan ini, selalu mendapat arahan serta petunjuk dari beliau,” ujarnya.

Baca Juga: Malaysia Izinkan Distribusi Bahan Pokok dan BBM ke Krayan Melalui Ba’kelalan

Angga mengaku, pengawalan, tidak hanya personel yang berada di Long Midang. “Saya sendiri sebenarnya berada di pos Long Bawan, namun kegiatan ini merupakan kegiatan besar dan juga barang yang akan kami periksa dalam jumlah banyak, sehingga kegiatan ini langsung kami sendiri yang memimpin dan mengendalikan anggota. Anggota yang bertugas di sana juga bukan hanya anggota pos Long Midang, namun juga kami libatkan personel dari Pos Long Bawan, Pos Tanjung Karya dan Pos Krayan (Lembudud),” jelas Angga.

Dia juga mengatakan, pasukan pengawalan dibagi dalam beberapa kelompok dengan tugas masing-masing. “Kelompok pengamanan ring 1, terdiri dari 12 orang personel berpakaian lengkap, termasuk saya, bertugas mengawal dan mengamankan selama perjalanan berangkat hingga kembali. Termasuk dalam pengamanan tamu VVIP seperti Pak Sekda, Pak Camat, Perwakilan pihak Koperasi dan Pihak PU yang hadir dalam kegiatan acara seremonial penyerahan barang bersama rombongan pejabat timbalan menteri beserta para pejabat dan pelaku usaha dari Malaysia,” bebernya.

Angga menambahkan, ada juga kelompok pengaman rute dan sepadan atau perbatasan yang bergabung bersama dengan personel TDM (Tentara Diraja Malaysia).

Baca Juga: Mahalnya Kebutuhan Hidup di Krayan Nunukan, BBM Rp35 Ribu Per Liter, Gula Pasir Rp40 Ribu Per Kilogram, Gas Elpiji 14 Kg Rp1,5 Juta

“Kelompok penggeledah dan pemeriksa barang yang tugasnya membongkar dan menggeledah semua barang yang masuk. Satu per satu tanpa terkecuali secara teliti dan selanjutnya mengemas lagi dan menaikan kembali ke kendaraan pengangkut,” tambahnya.

Kelompok Pemeriksa dan Penggeledah ini, lanjut Angga, pasukan juga dilengkapi Kelompok Pengaman yang juga berpakaian lengkap. Tugasnya mengatur lalu lalang keluar masuk palang portal pos dan lalu lintas kendaraan pengangkut barang. Juga mengamankan, pemeriksaan Kelompok Penggeledah dan Pemeriksa Barang.

“Hambatan memang ada tetapi karena koordinasi yang telah dilakukan jauh-jauh hari dengan pihak TDM dengan tujuan agar adanya kesepahaman demi mudah dan lancarnya arus keluar masuk kendaraan,” tambah Angga.

Baca Juga: Kabar Baik, SOA Penumpang Susi Air Nunukan-Long Bawan Segera Hadir 4 Kali Seminggu

Walaupun dinamikanya sangat tinggi, Angga merasa bersyukur rangkaian pengawalan berjalan lancar, aman, dan tertib.

“Semua itu berkat dukungan dari Pak Sekda Kabupaten Nunukan dan juga para pejabat Muspika di Kecamatan Krayan serta seluruh masyarakat kecamatan krayan,” ujar Angga.

Dia juga mengaku bersyukur karena kegiatan ini hubungan serta komunikasi dengan pihak TDM yang sempat terputus akibat pandemi Covid -19, menjadi kembali terjalin dengan baik. (hms/ad)

One thought on “Distribusi Sembako dari Malaysia Dikawal TNI Bersama TDM

  1. Pingback: Aksi Heroik KRI Tawau, 8 WNI yang Ditahan Malaysia Dibebaskan | Newsurban

Leave a Reply