Dulu Terima Warisan Utang Puluhan Miliar, Akhiri Masa Jabatan Hatta Rahman Sisakan Saldo Rp102 M

Sepuluh tahun lalu diwarisi utang puluhan miliar dengan saldo kas Rp100 juta, Hatta Rahman bersama wakilnya kini meninggalkan jabatan dengan warisan Rp102 miliar lebih di kas daerah tanpa utang.

MAROS, NEWSURBAN.ID — Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Maros Sam Sophyan mengatakan, saldo kas aktif per 16 Februari sebesar Rp57,3 miliar. Selain itu ada juga tercatat penyertaan modal sebesar Rp57,3 miliar. Sehingga total saldo kas Maros sebesar Rp102,7 Miliar.

“Jumlah ini setelah bapak Bupati menyelesaikan pembayaran TPP (tambahan penghasilan pegawai) untuk bulan Februari sebesar Rp4 miliar lebih sehingga hampir seluruh kewajiban Pemkab Maros telah diselesaikan oleh Bapak Bupati sebelum mengakhiri masa jabatan,” jelas Sam.

Baca Juga: PPKM Maros, Operasional Usaha Dibatasi Hingga Jam 8 Malam

Hatta Rahman pada 31 Desember 2020, juga telah menyelesaikan seluruh kewajiban Pemkab Maros. Termasuk terhadap pihak ketiga.

Hatta dalam berbagai kesempatan saat berpamitan ke jajaran Forkopimda mengatakan, pihaknya memastikan tidak akan meninggalkan beban terutama beban utang kepada Bupati – Wakil Bupati terpilih.

Baca Juga: Bupati Maros Divaksin di Puskesmas Lau

“Saya pastikan sebelum saya berakhir semua kewajiban Pemkab Maros akan diselesaikan sehingga Bupati-Wakil Bupati terpilih tidak terbebani dengan utang. Bahkan saya masih meninggalkan saldo kas yang cukup besar kepada bupati terpilih,” papar Hatta.

Dia menambahkan, hal ini berbeda dengan saat dirinya mulai menjabat di Maros 10 tahun lalu. Pihaknya dibebani dengan utang puluhan miliar dan saldo kas Pemkab Maros hanya tersisa Rp100 juta.

Baca Juga: KPU Tetapkan Chaidir Syam-Suhartina Bohari Pemenang di Pilkada Maros

“Pertama kali saya masuk sebagai Bupati saldo kas daerah Rp100 juta dan saat saya menyelesaikan jabatan saya sebagai Bupati saya meninggalkan saldo kas di Pemkab Maros sebesar Rp102 Miliar,” beber Hatta.

Masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Maros HM Hatta Rahman – HA Harmil Mattotorang berakhir pada Rabu 17 Februari 2021.

Baca Juga: 11 Sekda Jadi ‘Bupati’, SK Sudah Diteken Gubernur Sulsel

Jabatannya akan dijabat Sekretaris Daerah Kabupaten Maros Andi Davied Syamsuddin sebagai pelaksana harian Bupati Maros hingga Bupati dan Wakil Bupati terpilih resmi dilantik. (#)

Leave a Reply