KPK Tangkap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Bersama Lima Orang

Gubernur Sulaswesi Selatan Nurdin Abdullah ditangkap KPK. Dalam penangkapan ini, KPK juga mengamankan lima orang. Belum diketahui persis penangkapan itu terkait kasus apa.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Penangkapan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dibenarkan Pelaksana Tugas Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri.

Menurutnya, pihaknya melakukan operasi tangkap tangan ( OTT) terhadap Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah pada Jumat malam (26/2/2021).

“Benar, hari Jumat 26 Februari 2021 tengah malam, KPK melakukan giat tangkap tangan terhadap kepala daerah di Sulawesi Selatan terkait dugaan tindak pidana korupsi,” kata Fikri, Sabtu (27/2/2021).

Meski begitu, Fikri mengaku belum bisa menjelaskan lebih lanjut siapa saja yang terjaring dan dalam kasus apa yang bersangkutan ditangkap.

Dia menuturkan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan dan akan menginformasikannya kepada publik ketika KPK selesai bekerja. “Informasi lebih lengkap kasusnya, siapa saja yang ditangkap dan barang bukti apa yang diamankan, saat ini belum bisa kami sampaikan,” ujarnya.

Kata dia, tim masih bekerja, dan perkembangannya nanti akan disampaikan kepada media.

Sementara Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron juga membenarkan bahwa yang ditangkap dalam OTT KPK Jumat malam adalah Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

Menurut Ghufron, Nurdin saat ini sudah tiba di Jakarta setelah diterbangkan dari Sulawesi Selatan. “Betul, yang bersangkutan sedang dibawa ke KPK, baru sampai di Jakarta,” kata Nurul saat dikonfirmasi, Sabtu.

Sebelumnya, beredar informasi bahwa KPK melakukan OTT di Sulawesi Selatan. Hingga kini, diketahui KPK masih melakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan.

Dalam kabar yang beredar, Tim KPK telah mengamankan beberapa orang antara lain: AS (64) kontraktor, Nu (36) driver AS, Sa (48), Ed pejabat Pemprov Sulsel, Ir driver Ed.

Tim KPK sesuai kabar yang beredar di whatsapp itu mengamankan satu koper berisi uang Rp1 miliar.

Laporan FoKaL NGO
Penyebab Nurdin Abdullah dijemput KPK belum diketahui persis. Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari Pemprov Sulsel dan KPK.

Juru Bicara Nurdin Abdullah Veronica Moniaga mengaku belum bisa menjawab hal ini. Saat ini mereka juga masih menunggu informasi. “Sejauh ini kami belum bisa mengonfirmasi hal ini sekarang. Secepatnya akan kami kabari apabila sudah terima informasi,” kata Vero, Sabtu (27/2/2021).

Namun, Vero enggan berkomentar saat ditanya lebih lanjut soal dugaan penangkapan oleh KPK.

Namun sebelumnya, Forum Komunikasi Lintas (FokaL) NGO Sulawesi juga melaporkan Nurdin Abdullah ke KPK. Laporan lembaga penggiat antikorupsi ini terkait dugaan korupsi mega proyek Makassar New Port (MNP).

Koordinator Fokal NGO Sulawesi Djusman AR menyebut pembangunan proyek strategis MNP yang sementara berjalan saat ini diduga keras ada KKN. (*)