Gercep, Hadianto-Renny Fokus Benahi Enam Sektor

Gerak cepat memacu pembangunan, Walikota Palu Hadianto menekankan, pemerintahannya segera membenahi sedikitnya enam sektor dan audit anggaran.

PALU, NEWSURBAN.ID — Walikota Palu H Hadianto Rasyid bersama Wakil Walikota Palu Reny Lamadjido dan Sekretaris Daerah Kota Palu Asri, pada hari pertama bekerja, menyampaikan sejumlah program prioritas untuk membangun Kota Palu.

Rapat di ruang rapat Bantaya, Senin siang (1/3/2021) diikuti kepala OPD dilingkungan Pemkot Palu.

Hadianto membeberkan, sejumlah program prioritas untuk pembangunan kota Palu. Diantaranya sektor ekonomi, sosial kependudukan, infrastruktur, layanan dasar, lingkungan, dan birokrasi.

Baca Juga: Apel Perdana, Walikota Hadianto Tekankan Pegawai Harus Disiplin

Menurut Hadianto, barometer keberhasilan pemerintah daerah dalam peningkatan ekonomi, diukur dari seberapa besar pendapatan daerah dan punya dampak bagi kesejahteraan masyarakat.

Untuk memacu ekonomi, lanjut dia,
aspek sosial dan kependudukan juga perlu dibenahi.

Selain itu, pemberdayakan masyarakat melalui program harus dilakulan untuk bisa cepat membangun Kota Palu.

Baca Juga: Hadianto-Renny Ajak Seluruh Komponen Gerak Cepat Membangun Kota Palu

Pendekatan program di antaranya ke UMKM, padat karya maupun dana bantuan sosial kependudukan lainya. “Program padat karya tetap dilanjutkan dengan merasionalkan anggaran sesuai prinsif pengelolaan keuangan yakni, efektif, efisien, dan tepat sasaran,” jelasnya.

Aparatur, lanjut Hadianto juga harus terus melakukan evaluasi, koreksi agar program berjalan efektif.

Baca Juga: Wali Kota Palu Apresiasi Gerakan Wakaf Uang ASN Kemenag

Untuk sektor infrastruktur pelaksanaan pembangungan harus dikebut ekstra pascabencana alam. Seperti perbaikan jalan, permukiman masyarakat terdampak gempa bumi, tsunami, dan likuefaksi.

“Pembangunan gedung perkantoran Pemkot Palu yang hingga saat ini masih banyak OPD belum memilik kantor sendiri akan menjadi program prioritas,” ungkapnya.

Untuk layanan dasar, dia akan menyasar pendidikan, kesehatan, keamanan dan ketertiban, hingga penanggulangan narkoba di kalangan remaja.

Baca Juga: Walikota Palu Hadianto Cetak Satu Gol di Laga Sepak Bola Persahabatan

Terkait aspek lingkungan, Hadianto akan merevisi penetapan zonasi rawan bencana di Kota Palu. Menurutnya, sistem tersebut tidak efektif diberlakukan. Karena akan berdampak pada masuknya investasi ke daerah.

Menyangkut birokrasi, akan melakukan konsolidasi di lingkup kerja pemerintahan. Diantaranya adalah melakukan audit APBD Kota Palu sebelumnya. Audit untuk mengetahui seberapa optimal program yang telah berjalan. (ysf)