Mengemban Amanah Sarat Ujian, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Minta Nasihat KH Sanusi Baco

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama Ketua MUI Sulsel KH Sanusi Baco.

Bagi Andi Sudirman Sulaiman, jabatan adalah amanah sekaligus ujian. Karena itu, di hari pertama ditunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, ia meminta nasihat dari KH Sanusi Baco.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menemui Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan KH Sanusi Baco di kediamannya di Jalan Kelapa Tiga, Makassar. Kedatangannya untuk meminta nasihat dan arahannya,Senin (1/3/2021).

Andi Sudirman Sulaiman mengatakan jabatan adalah ujian, sehingga harus meminta nasihat dan masukan dari ulama. “Kedatangan kami meminta nasihat beliau karena jabatan ini adalah ujian. Sehingga harus dijalankan dengan baik dan senantiasa mendapat Ridha Allah Swt,” katanya.

Baca Juga: Andi Sudirman Plt Gubernur Sulsel

Andi Sudirman juga meminta arahan dari KH Sanusi Baco, terkait upaya yang harus dilakukan pemerintah untuk menghadirkan masyarakat yang religius dan masyarakat yang taat beribadah.

“Pesan beliau agar jabatan ini dijalankan dengan niat yang baik, niat yang tulus untuk menjaga amanah ini. Karena amanah ini adalah tanggung jawab. Selebihnya saya serahkan pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ucapnya.

Andi Sudirman meminta nasihat dan arahan dari KH Sanusi Baco sebagai ulama di Sulawesi Selatan. Mengingat, jabatan yang diembannya kini punya tanggung jawab yang cukup besar.

“Mendengar nasihat-nasihat Beliau. Serta mendoakan Kami bersama Bapak Gubernur Nurdin Abdullah. Beliau banyak bercerita tentang kami berdua dan senantiasa mendoakan kami dalam setiap kesempatan,” katanya.

Sementara itu, KH Sanusi Baco dalam pertemuan itu berpesan kepada Andi Sudirman untuk menjalani jabatannya sebagai Plt Gubernur disertai dengan niat yang baik.

Karena setiap pekerjaan dilakukan harus disertai dengan niat, agar tujuan atau hasil dari pekerjaan itu juga sesuai niat yang telah ditetapkan. “Perkuat niat, niat adalah tujuannya, mengurus umat juga harus dengan niat,” ucapnya.

Baca Juga: Wagub Andi Sudirman Usul Kepala Desa Mengangkat Pendamping Keuangan

Terkait dengan apa yang harus dilakukan pemerintah provinsi untuk bisa menghadirkan masyarakat yang religius, Sanusi Baco menyampaikan agar pemerintah harus menjadi contoh bagi masyarakatnya.

“Yang perlu dilakukan pemerintah adalah menjadi contoh, menjadi teladan. Karena sekarang yang kurang juga itu adalah panutan,” katanya.

Pada kesempatan itu KH Sanusi Baco mendoakan Nurdin Abdullah untuk tetap kuat menghadapi cobaan yang dialaminya, dan Andi Sudirman Sulaiman selaku Plt Gubernur bisa bekerja dengan baik, sesuai dengan amanah yang diberikan padanya.

“Amanah adalah tanggung jawab, kenapa manusia terkadang lalai terhadap tanggung jawabnya. Itu karena manusia memiliki akal dan pikiran. Setiap manusia harus menggunakan akal pikirannya dengan baik dalam menjalankan sesuatu, dengan harapan hasil yang diperoleh dari pekerjaan itu juga akan baik,” jelasnya. (*)

Leave a Reply