Disdukcapil Bone Hadirkan Layanan di Desa Terpencil

Inovasi layanan kependudukan untuk memudahkan masyarakat, diluncurkan Disdukcapil Kabupaten Bone di Desa Bana, Kecamatan Bonto Cani, Selasa (2/3/2021).

BONE, NEWSURBAN.ID — Kadis Dukcapil Bone, Andi Darmawan, mengatakan tujuan layanan ini adalah mempermudah masyarakat mengurus dokumen kependudukan, utamanya di desa terpencil.

“Seperti Desa Bana ini yang berada di Daerah perbatasan Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Gowa, Disdukcapil Bone juga memberikan kemudahan dalam penginputan serta pencetakan dokumen kependudukan seperti KTP KK (Kartu Keluarga) akta kelahiran dan akta kematian semua ini dapat dilakukan di kantor Desa Bana,” jelas Andi Darmawan.

Sementara itu Kepala Desa Bana Ishak sangat berterima kasih atas layanan tersebut. Layanan itu kata dia, sangat membatu warganya.

Baca Juga: Memprihatinkan, Dua Kampung di Tellu Limpoe Bone Belum Nikmati Listrik dan Kesulitan Air Bersih

“Karena selama ini untuk mengurus dokumen kependudukan terbilang susah. Jarak tempuh dari sini ke Kota Watampone sekitar 3 jam. Belum lagi ongkos pengeluaran sekitar Rp300 ribu satu kali perjalanan,” ungkapnya.

Memalui inovasi dari Disdukcapil Bone, warga setempat bisa mengurangi sedikit beban. “Sekarang warga hanya bisa datang keKantor Desa untuk mengurus dokumen kependudukan,” kata Ishak. (fan)

Leave a Reply