KPK Temukan Uang Tunai di Rumah Pribadi Nurdin Abdullah

“Dari dua lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan bukti diantaranya berbagai dokumen yang terkait dengan perkara ini dan juga sejumlah uang tunai,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri, Selasa (02/03/2021).

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak hanya menggeledah kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sulsel untuk mencari barang bukti, tapi juga rumah pribadi Nurdin Abdullah ikut di geledah.

Penggeledahan itu, Tim KPK pun juga kembali menemukan sejumlah barang bukti berupa uang tunai di rumah pribadi Nurdin Abdullah di Kompleks Perumahan Dosen Unhas Tamalanrea, Kota Makassar.

Baca juga: Enam Personel KPK Geledah Kantor PU Sulsel Pasca NA Jadi Tersangka Korupsi

“Dari dua lokasi tersebut, ditemukan dan diamankan bukti diantaranya berbagai dokumen yang terkait dengan perkara ini dan juga sejumlah uang tunai,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri, Selasa (02/03/2021).

Sebelumnya, Senin (1/03/2021) tim Penyidik KPK juga telah melakukan penggeledahan di dua lokasi berbeda di Sulawesi Selatan yaitu Rumah Jabatan Gubernur Sulsel dan Rumah Jabatan Sekretaris Dinas PUTR Sulsel Edy Rahmat.

Jumlah uang tunai, kata Fikri saat ini masih akan dilakukan penghitungan kembali oleh tim penyidik KPK. Fikri tidak merinci dimana uang tunai tersebut ditemukan.

Selanjutnya, terhadap dokumen dan uang tunai dimaksud akan dilakukan validasi dan analisa lebih lanjut dan segera dilakukan penyitaan sebagai barang bukti dalam perkara ini.

Baca juga: Usai Geledah Kantor PU Sulsel, KPK Sita 3 Koper Dokumen

Sebelumnya, enam orang tim penyidik KPK menggeledah kantor dinas PUTR selama lima jam. Mereka mengamankan 3 koper dokumen yang diduga sebagai barang bukti.

Tim KPK melakukan penggeledahan di kantor di Kantor PU Sulsel sejak 10:15 Wita. Selain itu, terlihat tim KPK juga menggeledah kendaraan dinas yang terparkir di depan kantor PUPR sejak Minggu (28/2/2021), mengeluarkan sejumlah berkas dari jok bagian depan mobil.

Kemudian, pada pukul 15.32 Wita, petugas KPK keluar membawa koper 2 berwarna hitam dan 1 koper berwarna merah yang diduga merupakan temuan akan menjadi barang bukti.

Namun, enam personel KPK sama sekali tidak memberikan keterangan apapun setelah melakukan penggeledahan dan menyinta dokumen tiga koper itu.

Penggeledahan dilakukan oleh KPK, pasca Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) bersama sekertaris Dinas PU ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas gratifikasi proyek infrastruktur di Sulsel, Minggu (28/02/2021) lalu. (*)

2 thoughts on “KPK Temukan Uang Tunai di Rumah Pribadi Nurdin Abdullah

  1. Pingback: KPK Menduga Uang Diterima Nurdin Abdullah untuk Bayar Utang | Newsurban

  2. Pingback: Kasus Nurdin Abdullah, KPK Temukan Bukti Baru Rp1,4 M dan Ratusan Uang Asing | Newsurban

Leave a Reply