Adnan Sebut Buku Hukum Administrasi Prof Ilmar Bisa Jadi Acuan Jalankan Pemerintahan

“Buku ini akan sangat bermanfaat bagi seluruh pejabat pemerintahan yang ada saat ini karena Insya Allah buku pemerintahan tersebut dapat menjadi acuan dalam menjalankan roda pemerintahan.” Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

GOWA, NEWSURBAN.ID — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menjadi salah satu narasumber atau pembedah dalam kegaiatan diskusi dan bedah buku ‘Hukum Administrasi Pemerintahan’ karya Prof Dr Aminuddin Ilmar, SH MH, Guru Besar Fakultas Hukum Unhas dan juga rangkaian perayaan puncak Dies Natalis Ke-69 FH secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (3/3/2021).

Prof Aminuddin Ilmar menuturkan buku ini hadir sebagai hasil kajian terhadap UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan yang mana peraturan tersebut telah lama dipersiapkan kurang lebih 27 tahun lamanya.

“Pengaturan administrasi pemerintahan memegang peranan penting sebagai bagian dalam menghasilkan tata kelola baik dan berdampak pada penyelenggaraan pemerintah yang baik pula,” katanya.

Baca Juga: Wansus Adnan Purichta Ichsan SH MH: Inovasi Enam Sektor Jadi Fokus Program Kami

Menanggapi hal itu, Bupati Adnan sebagai pembedah turut mengapresiasi atas launchingnya buku tersebut. Menurutnya buku ini dapat dijadikan sebagai salah satu landasan kepala daerah dalam mengambil kebijakan khususnya pada roda pemerintahan.

“Buku ini akan sangat bermanfaat bagi seluruh pejabat pemerintahan yang ada saat ini karena Insya Allah buku pemerintahan tersebut dapat menjadi acuan dalam menjalankan roda pemerintahan,” ungkapnya.

Terkait isi buku ini, Adnan berfokus pada pembahasan terkait diskresi pemerintahan yang menjadi salah satu materi pembahasan buku tersebut. Menurutnya, administrasi pemerintahan sangat penting, karena tidak sedikit terjadi penyalahgunaan jabatan karena kesalahan administrasi.

Baca Juga: Periode Kedua Adnan-Kio Pimpin Gowa, Ini Pesan Khusus Bunda Novita Mendoza

Olehnya itu, diperlukan pemahaman mendalam akan hal tersebut agar tercipta penyelenggaraan good governance dengan melibatkan pentahelix.

“Buku ini sangat bagus dan konsisten memberikan gambaran bagaimana penyelenggaraan administrasi pemerintahan sesuai UU. Juga dapat dijadikan bahan rujukan karena tidak semua memahami secara baik tentang administrasi pemerintah,” jelas Adnan.

Sementara, Dekan FH Unhas Prof Dr Farida Patittingi, menyampaikan kehadiran buku ini semakin mempertajam wawasan dan keilmuan terkait penyelenggaraan administrasi pemerintahan.

“Buku ini menjadi penting sebagai referensi bacaan bukan hanya untuk kalangan mahasiswa. Tapi juga masyarakat dan kalangan pemerintahan sebagai bagian dalam menghadirkan good governance. Saya juga ingin menyampaikan selamat Dies Natalis untuk FH hari ini dan untuk puncak perayaan akan digelar pada 17 Maret mendatang,” jelas Prof Farida. (#)

Leave a Reply