Sejumlah Polisi di Nunukan Lakukan Tes Urine

Dari hasil pengujian, 25 sample seluruhnya dinyatakan negatif narkoba. Kegiatan berjalan dengan lancar serta dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID — Polres Nunukan bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar kegiatan deteksi dini melalui tes urine kepada Personel kepolisian Nunukan, dilaksanakan di Aula Sebatik Polres Nunukan, Rabu (03/03/2021).

Wakapolres Nunukan Kompol Edy Budiarto mengatakan dirinya cukup berharap semua kepolisian di Nunukan dilakukan pemeriksaan tes Urine. Hanya saja, kata dia, Tes urine cukup terbatas.

“Sebenarnya saya ingin seluruh personiel dites urine. Akan tetapi, dukungan alat tes dari BNN sangat terbatas, maka diambil secara acak. Semoga kedepannya kita semua bisa dites urine,” ujar Kompol Edy.

Sementara, Kepala BNNK Nunukan Kompol Sunarto mengatakan tes urine ini bertujuan untuk antisipasi tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba dilakukan oleh anggota Polri.

“Tes urine pagi ini bertujuan sebagai deteksi dini untuk upaya antisipasi. Jika pun nanti ditemukan, bukan berarti ini adalah bentuk kriminalisasi, tapi mari kita dukung untuk pemulihan secara lanjut,” tegasnya.

Pemeriksaan tes urin sebgai tindaklunjut dari Surat Telegram Kapolri nomor ST/331/II/HUK.7.1/2021 yang mengatur tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polri.

BNNK mengumpulkan sample urine dari personel sebanyak 25 sampel. Keseluruhan sample dilakukan uji menggunakan rapid test narkoba tujuh parameter.

Dari hasil pengujian, 25 sample seluruhnya dinyatakan negatif narkoba. Kegiatan berjalan dengan lancar serta dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. (*)

Leave a Reply