Andi Sudirman Ganti Plt Kepala Tiga OPD

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Menjaga akselerasi pemerintahan, Andi Sudirman Sulaiman mengganti tiga pelaksana tugas kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Beberapa pejabat dalam waktu dekat juga akan diganti.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Pelaksana Tugas (plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, langsung mengganti pimpinan berstatus pelaksana tugas di tiga OPD, Rabu 3 Maret 2021.

Plt kepala Dinas Sosial, Gemala Fauza, digantikan oleh Hasan Basri Ambarala. HB Ambarala adalah mantan Kepala Biro Pemerintahan yang saat ini juga menjabat sebagai Staf Ahli Gubernur Sulsel.

Baca Juga: Program Infrastruktur, Plt Gubernur Sulsel Minta Seluruh Kepala Daerah Mendukung

Kemudian, Plt Kepala Inspektorat Sulsel, Sri Wahyuni digantikan oleh Sulkaf Latief, yang saat ini juga menjabat sebagai staf ahli. Sebelumnya, Sulkaf menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan.

Sementara itu, jabatan Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah (Bappelitbangda) Junaedi digantikan oleh Darmawan Bintang.

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel Beri Penghargaan ke Kanwil Bea Cukai

Darmawan saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Ketenagakerjaan. Sebelumnya Darmawan Bintang menjabat sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang.

“Memang betul ada pergantian melalui SK yang ditetapkan plt Gubernur pada tiga OPD itu,” kata Imran Jausi selaku Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemprov Sulsel, Kamis, (4/3).

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel Bersama Menko PMK RI, Resmikan Pusat Penanggulangan Gizi Terpadu di Bantaeng

Menurut Imran, pergantian plt kepala OPD itu, didasari oleh aturan yang ditetapkan oleh BKN nomor 1 tahun 2001, yakni masa jabatan Plt hanya sampai enam bulan.

“Yang sebelumnya sudah enam bulan menjabat. Ada perpanjangan satu kali sebelum ditetapkan definitif. Namun, dalam perpanjangan itu, Pak Plt Gubernur memilih ada pergantian,” ungkap Imran.

Baca Juga: Pimpin Coffee Morning, Plt Gubernur Sulsel Bahas Persoalan Kemiskinan

Plt Gubernur, kata Imran, sudah menyerahkan SK kepada ketiga pengganti Plt kepala dinas, kemarin sore. Selanjutnya, mereka akan bertugas di dinas tersebut per hari ini, Kamis (4/3/2021).

“Pak Plt Gubernur langsung serahkan SK-nya. Beberapa jabatan dalam waktu dekat juga akan diganti Plt-nya, seperti Dinas Perikanan dan RS Haji,” tukasnya. (*)

Leave a Reply