Waspada! Ini Daerah di Sulawesi Masuk Zona Aktif Gempa

ILUSTRASI

Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan mengatakan peran pemda dan BNPB sangat vital untuk mewaspadai dampak gempa yang mungkin terjadi. Semua harus bersinergi.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan mengemukakan daerah-daerah di Indonesia yang harus di waspadai Potensi Gempa, termasuk di Sulawesi.

Adapun daerah di Indonesia masuk zona aktif gempa Januari 2021:

1. Aceh dan Nias
2. Bengkulu dan Lampung
3. Lombok, Sumbawa, dan Sumba
4. Sulbar, Sulteng, Gorontalo
6. Laut Maluku
7. Seram

“Ini area-area yang perlu kita perhatikan. Waktu itu rapat kabinet terbatas untuk menyiapkan ini semua. Posisi BNPB strategis untuk koordinasi dengan semua terlibat jika ada gempa,” tutur Luhut dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) secara virtual di channel BNPB, Kamis (04/03/2021).

Ia mengatakan, peran pemda dan BNPB sangat vital untuk mewaspadai dampak gempa yang mungkin terjadi. Semua harus bersinergi.

Luhut menjelaskan daerah masuk daftar zona aktif dasar I adalah daerah yang masuk zona aktif gempa sebelumnya.

“Kita juga harus waspada dasar 1 zona gempa Januari 2021. Ini tolong kita simak baik-baik. Ada di Aceh, Nias. Aceh mungkin tidak berulang tsunami ya, mungkin ya karena saya bukan ahli. Tapi karena baru 15 tahun lalu.Tapi di Nias bisa saja terjadi,” katanya.

“Di Padang bisa terjadi karena Padang di daerah patahan itu. Atau juga Bengkulu berbahaya. Lombok, Sumbawa, Sumba, dll,” Sambung Luhut. (*)

 

Leave a Reply