Pacu Ekspor, Kemendag Siapkan 5 Strategi

Kementerian Perdagangan akan menjalankan lima strategi untuk mendorong ekspor. Perdagangan luar negeri merupakan salah satu komponen Produk Domestik Bruto (PDB) untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN).

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan mengatakan, untuk penetrasi pasar nontradisional, peran emerging market akan semakin besar. Negara-negara emerging market akan berkontribusi sekitar 71% dari ekonomi dunia dan 51% berada di kawasan Asia.

Saat ini, kata dia, Kemendag telah menyiapkan lima strategi untuk peningkatan ekspor. Kelima strategi tersebut yaitu pertama memelihara pasar ekspor dan produk utama. Kedua, fokus pada usaha kecil dan menengah (UKM) berorientasi ekspor. Ketiga, melakukan penetrasi pasar nontradisional. Keempat, memanfaatkan perjanjian dagang. Kelima, reformasi regulasi, khususnya turunan Undang-Undang Cipta Kerja.

Baca Juga: Ekspor Komoditas Laut Sulsel Jangkau 50 Negara

Dia juga mengatakan, produk utama dan pasar utama ekspor Indonesia harus terus dijaga karena memiliki kontribusi yang cukup besar.

Dari 10 negara utama tujuan ekspor memberikan kontribusi sebesar 70% dari total ekspor Indonesia. Sementara dari 10 produk ekspor utama Indonesia, memberikan kontribusi sebesar 60% dari total produk ekspor Indonesia.

“Selain Asia, Afrika menjadi salah satu penyumbang komoditas primer yang harganya akan tinggi. Artinya, akan ada persaingan untuk mendapatkan komoditas primer di kawasan Asia dan Afrika sebagai bahan baku untuk diproduksi menjadi barang jadi oleh negara-negara emerging market,” jelasnya.

Baca Juga: Gubernur Sulsel: Lawan Impor, Perbaiki Kualitas Buah Lokal

Menurut Kasan, penetrasi pasar melalui kota-kota besar di pasar ekspor nontradisional juga menjadi perhatian. Kota-kota di kawasan negara emerging market berpotensi besar untuk terus tumbuh perekonomiannya.

Kasan menyebutkan, dengan memanfaatkan perjanjian dagang yang sudah dimiliki Indonesia, kota-kota besar di kawasan Asia dan Afrika akan berkontribusi besar untuk masuknya produk-produk dari negara lain, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Akui Ekspor Indonesia Bisa Bersaing di Pasar Global

Untuk UKM berorientasi ekspor, Kasan menjelaskan, Kemendag memiliki program 1.500 UKM ekspor. Pada 2020, berdasarkan data Kemendag, UKM ekspor Indonesia mencapai 83% atau sekitar 12 ribu dari eksportir nasional. Namun, kontribusinya hanya 4% dari total ekspor nasional. UKM tersebut sebagian besar berada di pulau Jawa.

“Dalam program mencetak 1.500 UKM ekspor, yang menjadi target di antaranya UKM yang telah mempunyai produk namun belum melakukan ekspor, UKM pemula dengan mendorong minat terutama anak muda, serta UKM yang sedang mengembangkan produk maupun pasar ekspor,” ungkap Kasan.

Baca Juga: Ekspor Kayu RI ke China Meningkat Di Tengah Pandemi Covid-19

Untuk perwakilan perdagangan, Kasan memberikan arahan agar dapat beradaptasi dengan situasi dan kebijakan perdagangan dengan negara akreditasi agar dapat diantisipasi.

“Diharapkan perwakilan perdagangan tetap melaksanakan tugasnya di luar negeri, namun tetap harus menyesuaikan dengan negara akreditasi masing-masing,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply