Kepala DLH Bone Harap Desa Sadar Masuk Tingkat Nasional Proklim, Ini Permintaan Warga

Pemerintah Kabupaten Bone berharap Desa Sadar diharapkan bisa masuk tingkat nasional Program Kampung Iklim atau Proklim tahun ini.

BONE, NEWSURBAN.ID — Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bone, Andi Syahrul Samsu mengatakan, Desa Sadar, Kecamatan Tellu Limppoe sangat memiliki potensi masuk tingkat nasional Proklim.

“ProKlim merupakan upaya pengendalian perubahan iklim yang dilaksanakan secara global. Ini merupakan salah satu agenda prioritas dunia untuk menyelamatkan kehidupan di Bumi dan mengamankan keberlanjutan pembangunan, jelas Andi Syahrul didampingi Kepala Desa Andi Sudi Alam dan warga saat mengunjungi Desa Sadar, Minggu (14/3/2021).

Baca Juga: Dua Tahun Tak Rampung, Pemuda Bone Inisiatif Galang Donasi Untuk Masjid Raya Watampone

Pemerintah Daerah, termasuk Bone jelas dia, mempunyai ProKlim. “Proklim ini dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK,” kata Andi Syahrul.

Dari kunjungannya ke Desa Sadar, Andi Syahrul l mengatakan desa mempunyai potensi yang sangat bagus untuk dikawal ke tinglat nasional.

“Saya kira kalau ini jadi, sukses dan berhasil, tidak menutup kemungkinan desa-desa yang lain bisa mencontoh dan dampaknya,” jelasnya.

Baca Juga: Disdukcapil Bone Hadirkan Layanan di Desa Terpencil

Syahrul menjelaskan, Kabupaten Bone cukup luas. Wilayahnya mencapai 4.559 kilometer persegi. Secara administrasi ada 27 Kecamatan, 34 Kelurahan, dan 328 Desa. Bone merupakan daerah terbesar kedua setelah Kota Makassar.

“Sayang kalau kita tidak berfikir untuk hal ini. Sementara di Program Iklim Kampung ini yang dilakukan secara nasional melalui Kementrian Lingkungan Hidup memang diharapkan lahir dari bawah. Jadi kita bina dari tingkat dusun, desa dan kelurahan,” jelas Andi Syahrul.

Baca Juga: Masjid Raya Watampone Dua Tahun tak Selesai, Andi Cicu: Bulan Depan Mulai Dibangun

Sementara itu, Kepala Desa Sadar, Andi Sudi Alam menyambut baik program ini. Dia berharap kepada pemerintah Kabupaten Bone maupun Provinsi Sulsel dan dan pusat untuk membantu pembangunan akses jalan masuk ke Desa Sadar.

“Alhamdulillah saat ini sudah ada ADD (Anggaran Dana Desa) namun walaupun bagaimana, kalau ADD hanya terbatas dan tidak bisa menjangkau semua untuk penganggaran akses jalan di desa ini kami hanya menunggu pemerintah setempat sekiranya bisa membantu agar akses jalan bisa dilalui dengan nyaman,” ungkap Andi Sudi. (fan)

One thought on “Kepala DLH Bone Harap Desa Sadar Masuk Tingkat Nasional Proklim, Ini Permintaan Warga

  1. Pingback: Digerebek Polisi, Tiga Pelaku Judi Sabung Ayam Diamankan | Newsurban

Leave a Reply