Kepada Presiden, Andi Sudirman Minta Jalan Tol di Atas Laut

“Kami tentu meminta ada perencanaan outer Ring Road (jalan) di Sulawesi Selatan ini, harapan kami nanti mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Karena dengan hadirnya akses yang bagus maka suplai barang termasuk jalur truk-truk yang menuju Kota Makassar nanti tidak lagi melalui jalur kota tetapi melalui jalur pesisir atau (memanfaatkan) jalur area Mamminasatta,” ujar Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, Kamis (18/3).

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Sebagai dukungan untuk percepatan perekonomian di Sulsel, Pemerintah Provinsi Sulsel terus mengupayakan agar sejumlah infrastruktur termasuk akses jalan terus dibangun.

Di hadapan Presiden RI, Plt Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman mengusulkan agar akses jalan Outere Ring Road atau Tol di Atas Laut disetujui Presiden.

Baca juga: Andi Sudirman Jemput Presiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin

“Kami tentu meminta ada perencanaan outer Ring Road (jalan) di Sulawesi Selatan ini, harapan kami nanti mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Karena dengan hadirnya akses yang bagus maka suplai barang termasuk jalur truk-truk yang menuju Kota Makassar nanti tidak lagi melalui jalur kota tetapi melalui jalur pesisir atau (memanfaatkan) jalur area Mamminasatta,” ujar Andi Sudirman, Kamis (18/3).

Jalur tol di atas laut itu lanjut Sudirman, nantinya akan menjadi penghubung akses menuju ke New Port yang akan dibagun di perairan Makassar.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi, Jokowi Harap Tekan Laju Penyebaran Covid-19 di Sulsel

Menanggapi permintaan Plt Gubernur, Presiden Jokowi merespon positif, terlihat dari gerak-geriknya, Presiden dua periode ini menganggukkan kepala.

“Tadi pak Gubernur masih meminta banyak sekali hal-hal yang kurang di Sulawesi Selatan. Pada pagi tadi baru saja kita resmikan bandara tana torja hampir Rp 1 T. Ada juga beberapa waduk di Sulsel. Tahun ini mungkin kita resmikan,” ujarnya.

Terpisah plt Kepala Bappelitbangda Sulsel, Darmawan Bintang mengatakan memang saat ini pemprov Sulsel tengah mengusulkan pembangunan akses jalan untuk percepatan ekonomi di kawasan Mamminasata.

Salah satu proyek tersebut yakni Jalan Tol di atas permukaan laut. Wawan sapaan akrab Andi Darmawan Bintang, mengatakan Jalan Tol ini akan melalui jalur Barat ke Selatan.

Baca juga: Jokowi Akan Hadiri Festival Vaksinasi dan Resmikan Tol Layang Pettarani di Kota Makassar

“Outer Ring Road ini melintasi jalur barat ke selatan yakni dari Makassar New Prot. Intinya akan menuju Pelabuhan Makassar dari kawasan Industri Takalar,” ujar Wawan saat dikonfirmasi.

Layaknya jalan Tol di Denpasar Bali, Outer Ring Road ini kata Wawan nantinya akan diperuntukkan sebagai jalur umum.

“Kita baru pada tahap permintaan ke Pemerintah Pusat untuk dibangunkan, soal berapa anggarannya saya belum tahu berapa. Yang pastinya jalur ini nanti untuk umum juga tetapi kita mengarah pada akses percepatan aktifitas ekonomi,” jelasnya.

Di kawasan metropolitan Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa dan Takalar) ini, Pemprov Sulsel terus mengembangkan akses jalan.

Proyek Inner Ring Road dan Outer Ring Road menjadi langkah awal untuk memulai kawasan metropolitan ini. “Untuk langkah awal ini Outer Ring Road dulu, nanti akan ada Inner Ring Road juga,” tutup Wawan. (*)

Leave a Reply