Jokowi Kagumi Keunikan Bandara Buntu Kunik Toraja

Presiden Joko Widodo di Bandara Buntu Kunik Tana Toraja. (foto: instagram jokowi)

Memotong tiga bukit, Bandara Buntu Kunik Tana Toraja, membuat kagum Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan dan peresmian.

TORAJA, NEWSURBAN.ID – Bandara Bandara Buntu Kunik, yang diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (18/03/2021), pembangunannya dimulai tahun 2018. Bandara unik yang memotong tiga bukit itu menghabiskan anggaran sebesar 800 milliar.

Jokowi mengatakan, Bandara Buntu Kunik Toraja sangat unik karena harus memotong tiga buah bukit dengan volume material sekitar 6 juta meter kubik.

“Memang pembangunan bandara ini unik sekali, memotong tiga bukit sehingga runwaynya bisa dibangun. Runwaynya sepanjang 2.000 meter,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengungkapkan, keberadaan bandara baru ini sangat berperan dalam mempercepat mobilisasi orang maupun barang dari dan ke Toraja.

Jika selama ini ditempu 8-9 jam dari Makassar, jelas Jokowi, dengan adanya bandara, waktu tempuh Makassar ke Toraja atau pun sebaliknya hanya membutuhkan waktu 50 menit.

Baca Juga: Ke Tana Toraja, Jokowi: Malapu Lapu Sia Komi?

Bandara ini sambung Jokowi, akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Toraja yang memiliki tempat-tempat wisata unik dan eksotik

“Dengan dibukanya Bandara Tana Toraja ini, nanti konektisifitas akan semakin baik, pariwisata di sini saya yakin akan sangat berkembang baik yang datang dari Makassar maupun yang langsung dari Bali dan tempat-tempat lain bisa langsung ke sini,” jelas Jokowi.

Diketahui, wilayah Toraja terletak di atas dataran tinggi Sulsel. Memiliki banyak objek wisata alam maupun budaya yang unik.

Pariwisata Toraja pernah jaya dan sangat berkembang di era tahun 1980 sampai awal 2001. Namun menurun drastis sejak bom yang mengguncang Bali Tahun 2002.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menjelaskan, Bandara Buntu Kunik memiliki panjang landasan 2.000 meter dan lebar 30 meter. Dari panjang landasan tersebut 1.700 meter sudah bisa digunakan.

Menurut Menhub selesainya Bandara Buntu Kunik dibangun berkat dorongan Presiden Joko Widodo. “Pembangunan bandara ini adalah berkat dorongan Bapak Presiden, terhitung hampir setiap tahun saya ditanya Pak Presiden kapan Bandara Toraja selesai dibangun,” ungkap Budi.

Budi mengakui, keberhasilan pembangunan Bandara Buntu Kunik juga berkat dukungan masyarakat Toraja, pemerintah setempat, pemerintah provinsi Sulsel, DPD, DPR RI, dan tokoh adat masyarakat Toraja. (#)

Leave a Reply