Warga Berduka, Rumah Adat Kerajaan Bone Terbakar, Kini Tinggal Sejarah

Rumah Adat Kerajaan Bone terbakar. Warga berduka. Rumah adat tersebut kini tinggal sejarah.

BONE, NEWSURBAN.ID — Rumah Adat Bersejarah Kerajaan Bone (Bola Soba) yang terletak di Jalan La Tenritatta, Kelurahan Manurunge Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, kini tinggal menyisahkan puing usai terbakar Sabtu (20/3/2021) pukul 03.17 dini hari.

Sejumlah warga setempat belarian untuk memadamkan api tersebut sembari meminta pertolongan untuk mendatangkan petugas Pemadam Kebakaran yang pada saat itu belum tiba di lokasi kejadian.

Usman, salah seorang warga yang melintas di lokasi kejadian tersebut mengaku sempat melihat kobaran api. “Pas saya lewat apinya sudah membesar,” ungkapnya, Sabtu (20/3/2021).

“Saya langsung bergerak untuk minta pada kepada warga yang sebagain sudah ada dilokasi untuk menghubungi petugas Damkar karena kebetulan hp saya lowbet,” tambah Usman.

Diketahui salah satu video yang beredar dari keterangan seorang yang bernama Tatte mangatakan, kejadian ini berawal pada saat itu seorang Kakek Tua lagi membakar sesuatu di belakang Rumah Adat tersebut. “Dan apinya cepat menjalar,” ungkap dari sumber video yang beredar.

Rumah Ada Bersejarah Kerajaan Bone itu di dirikan pada tahun 1978 dan diresmikan pada 14 April 1982 oleh Prof Dr Daoed Joesoef Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (1978-1983),dimana pada saat itu La Pawawoi Karaeng Sigeri MatindroE ri Bandung yang menjadi Raja Bone. (fan)