Hari TB Dunia, Dompet Dhuafa Sulsel Latih Relawan dan Kader Ketuk Pintu

Hari TB sedunia, Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan melatih Relawan dan Kader Ketuk Pintu TB, di Puskesmas Linka Tupabbing dan Aula Kantor LKC DD Sulsel.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Sebanyak 20 relawan dan kader mengikuti pelatihan Ketuk Pintu dalam rangka Hari TB Dunia 2021, di Puskesmas Linka Tupabbing dan Aula Kantor LKC DD Sulsel.

Pelatihan Relawan Ketuk Pintu ini merupakan bagian dari peringatan Hari TB Dunia yang jatuh setiap tanggal 24 Maret.

Baca Juga: PLN Bersama Dompet Dhuafa Sulsel Salurkan Bantuan Sembako di Gowa

Kegiatan Ketuk Pintu dalam rangka Hari TB Dunia akan dilaksanakan pada Kamis (25/03/2021) dengan wilayah sasaran di RW 02 Kelurahan Pandang (Belakang Kantor LKC Sulsel) dan Kelurahan Mattiro Sompe Pulau Ballang Lompo.

Selain menyampaikan analisi situasi TB di Indonesia, Kurnia menyampaikan, penyakit TB ini bukanlah penyakit keturunan maupun guna-guna, stigma ini yang perlu diubah kepada masyarakat.

Baca Juga: Dompet Dhuafa Berdayakan Petani Rumput Laut Makin Sejahtera

“TB adalah penyakit paru-paru akibat kuman Mycobacterium tuberculosis yang bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini juga bisa disembuhkan asal dapat penanganan secara benar dan baik,” ungkapnya.

Sementara Rahma menyampaiakan,” Indonesia masuk kedalam top 3 negara di dunia dengan penemuan kasus TBC terbanyak di dunia setelah India dan China. Kondisi inilah yang sangat memprihatinkan dan menjadi tantangan tersendiri untuk bisa menciptakan kawasan masyarakat sehat,” ujar Rahma.

Baca Juga: Sampai Hari Ini, Tim Dompet Dhuafa Evakuasi Korban Banjir di Makassar

“Ini juga bagusnya ada relawan yang turun kelapangan untuk melakukan screening dan investigasi kontak karena bisa menjaring pasien TB maupun lingkungan sekelilingnya agar dapat penanganan lebih dini dan bisa ditindak lanjuti lebih cepat, harapannya dari kegiatan pelatihan ini relawan dapat berkontribusi dalam menemukan terduga sampai pendampingan untuk pemeriksaan di puskesmas,” tutupnya.

Dompet Dhuafa melalui Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) berkomitmen dalam eliminasi TBC 2030 melalui beberapa program TB. Selain dalam promotif dan preventif, juga bantuan dukungan gizi, transportasi rujukan.

Baca Juga: SGI Dompet Dhuafa Bantu Tingkatkan Kompetensi Guru di Palu

Salah satu program yang digagas Dompet Dhuafa adalah Program Kawasan Sehat dengan berbagai indikator predikat RW sehat. Satu diantaranya adalah eliminasi TBC.

Pelatihan juga dilakukan di LKC DD Sulsel oleh dr Kurnia dari Puskesmas Tamamaung, Rahma Pengelola Program Kemitraan LKC Sulsel.

Sedangkan di Puskesmas Linka Tupabbing, Pulau Balang Lompo, Pangkep pelatihan didampingi oleh penanggung jawab kegiatan Hj Jumlianti Bahar, Asdinullah, Kiki dan Imran. (cr/#)

Leave a Reply