Korut Luncurkan Dua Rudal Balistik di Semenanjung Korea, Begini Reaksi AS

Kamis pagi (25/3/2021) Korea Utara kembali meluncurkan rudal balistiknya ke pesisir semenanjung Korea. Sehari sebelumnya hal yang sama dilakukan Korut. Ada apa dan bagaimana reaksi AS?

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Negera pimpinan Kim Jong-un, Korea Utara kembali meluncurkan dua rudal balistik ke arah pesisir timur Semenanjung Korea pada Kamis pagi (25/3/2021) waktu setempat.

Peluncuran dua rudal balistik Korut itu dikonfirmasi seorang pejabat senior Amerika Serikat. Dikutip CNN, militer AS masih meneliti data untuk menentukan rudal jenis rudal dan seberapa jauh jangkauannya.

Sementara Juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang juga mengonfirmasi peluncuran rudal ini. Pihak Jepang, mengonfirmasi rudal itu diluncurkan ke arah Laut Jepang atau yang disebut Korea Selatan sebagai Laut Timur.

Baca Juga: Kim Jong Un Meninggal, Fakta Atau Spekulasi?

“Kemungkinan rudal balistik. Rudal itu tidak jatuh di dalam wilayah Kepang dan juga diyakini tidak jatuh di dalam zona ekonomi eksklusif Jepang,” ujar jubir tersebut, sebagaimana dikutip Reuters.

Kemenhan Jepang pun mengimbau kapal-kapal yang melewati perairan tersebut untuk tidak mendekati objek tertentu di laut. Mereka mengimbau awak kapal untuk segera melaporkan ke coast guard Jepang jika melihat objek mencurigakan.

Sementara itu, Korea Selatan dan Amerika Serikat juga mengonfirmasi bahwa Korut menembakkan “proyektil tak teridentifikasi” ke arah Laut Jepang atau Laut Timur. Namun, ia tak dapat mengonfirmasi jenis proyektil yang ditembakkan dan jumlahnya.

Ini merupakan peluncuran rudal kedua Korut dalam sepekan belakangan. Sebelumnya, Korut juga dilaporkan meluncurkan dua rudal jarak menengah pada Minggu (21/3).

Baca Juga: Biden Pecat Pengacara yang Ditunjuk Trump

Peluncuran rudal itu merupakan yang pertama setelah Joe Biden dilantik sebagai presiden AS. Seorang pejabat AS menyatakan bahwa uji coba rudal ini merupakan taktik lama Korut untuk memprovokasi AS dan Korsel. Namun, kata analis itu, Biden menanggapi santai peluncuran rudal Korut ini. Menurutnya, peluncuran rudal itu bukan provokasi.

Karena Ditertawai Biden
Sejumlah pengamat menganggap Korea Utara kembali meluncurkan rudal pada Kamis (25/3) karena Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menganggap remeh pelontaran proyektil mereka akhir pekan lalu.

“Peluncuran rudal terbaru Korut ini tampaknya merupakan reaksi atas sikap Presiden Joe Biden yang meremehkan dan terkesan menertawai uji coba rudal mereka akhir pekan lalu,” ujar senior direktur studi Korea di Pusat Kepentingan Nasional, Harry Kazianis.

Kazianis kemudian menjelaskan bahwa rezim Kim Jong-un memang akan selalu bereaksi terhadap apa pun yang dianggap dapat mencoreng nama baik mereka, terutama dari AS.

“Meski komentar dan tertawaan Biden jelas tak bermaksud memancing reaksi, Korea Utara akan selalu mencari alasan,” tutur Kazianis kepada Reuters.

Senada dengan Kazianis, ahli urusan nuklir dari Institut Teknologi Massachusetts (MIT), Vipin Narang, juga menyatakan bahwa segala ancaman dari Korut memang tak boleh disepelekan.

“Setiap hari yang dilalui tanpa mencoba mengurangi risiko dari rudal dan senjata nuklir Korut merupakan hari di mana semua menjadi lebih besar dan lebih buruk,” katanya.

Para pengamat mengungkapkan kekhawatiran ini setelah Korut meluncurkan dua rudal balistik ke arah pesisir timur Semenanjung Korea pada Kamis pagi.

Seorang pejabat senior AS mengonfirmasi kepada CNN peluncuran rudal balistik Korut ini. Namun, militer AS masih meneliti data untuk menentukan rudal jenis rudal dan seberapa jauh jangkauannya.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang juga mengonfirmasi peluncuran rudal ini. Menurut Jepang, rudal itu diluncurkan ke arah Laut Jepang atau yang disebut Korea Selatan sebagai Laut Timur.

“Kemungkinan rudal balistik. Rudal itu tidak jatuh di dalam wilayah Jepang dan juga diyakini tidak jatuh di dalam zona ekonomi eksklusif Jepang,” ujar jubir tersebut, sebagaimana dikutip Reuters. (#)

One thought on “Korut Luncurkan Dua Rudal Balistik di Semenanjung Korea, Begini Reaksi AS

  1. Pingback: Ahmad, Pelaku Penembakan Colorado Ternyata Paranoid Akibat Perundungan | Newsurban

Leave a Reply