Ikan Cupangnya “Humas” Juarai Nunukan Betta Contest 2021

“Niatnya sebetulnya hanya ingin meramaikan saja, sekalian pingin ajak keluarga menonton karena kebetulan pas hari libur.” Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Nunukan Hasan Basri.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID — Siapa sangka, ikan cupang milik Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan Hasan Basri, yang sehari-harinya cuma ditaruh dalam sebuah vas bunga kecil di atas meja kerjanya, ternyata berhasil meraih juara 1 dan 2 dalam kontes ikan cupang yang dilaksanakan di GOR Dwikora Nunukan, Minggu (28/3/2021).

Padahal Hasan Basri awalnya cuma iseng-iseng saja ikut mendaftarkan diri dalam kontes ikan cupang bertajuk Nunukan Betta Contest 2021 tersebut.

“Niatnya sebetulnya hanya ingin meramaikan saja, sekalian pingin ajak keluarga menonton karena kebetulan pas hari libur,” kata Hasan Basri.

Baca Juga: Peringati Isra Mikraj, Ini Pesan Bupati Laura

Bapak dua anak itupun tidak pernah berharap ikan mungil miliknya bisa menang. Apalagi ikan yang memiliki warna dominan merah, hitam, merah dan biru itu sehari-harinya sebetulnya kurang terlalu diurus. Karena aktivitasnya yang cukup padat, Hasan Basri bahkan mengaku jarang memberi makan ikan cupangnya. Alhasil, ikan cupangnya lebih sering makan lumut ketimbang pelet atau makanan khusus ikan hias seperti yang banyak dijual di toko-toko.

Dalam kontes yang merupakan kali pertama digelar di Nunukan tersebut, Hasan Basri mengikutkan 5 ekor ikan cupang miliknya untuk diadu. Dua ekor ikut di kelas regular, sedangkan 3 ekor sisanya ikut di kelas pemula.

Dari lima ekor tersebut, 1 ekor meraih juara 1 Plakat kategori pemula, 1 ekor meraih juara 2 Crowntile kategori pemula, dan seekor lagi meraih juara 3 Baby Plakat kategori multicolor. Ia mengaku ikan-ikan itu sebagian besar merupakan pemberian dari para sahabatnya yang memang hobi memelihara berbagai jenis ikan hias.

Baca Juga: 58 Mahasiswa STIT Ibnu Khaldun Nunukan Diwisuda

Kini setelah ikan miliknya keluar sebagai juara, Hasan Basri mengaku jadi tertarik ingin menambah koleksi ikan cupang di rumahnya.

“Sepertinya harus segera menambah koleksinya (ikan cupang) nih, karena saya merasakan hobi ini lama kelamaan menjadi cukup menarik,” ujar pria yang rajin memposting puisi-puisi romantis di media sosial facebook miliknya ini.

Sebelum memutuskan ingin menekuni hobi memelihara ikan cupang, Hasan Basri sebetulnya justru lebih senang menanam bunga. Makanya tidak heran jika halaman depan rumahnya di KPN dipenuhi dengan pot-pot berisi berbagai jenis bunga. Hasan Basri memiliki tidak kurang dari 15 jenis bunga, terutama jenis bunga yang saat ini sedang booming di berbagai daerah.

Baca Juga: Latsarpim Poltek Nunukan, Bupati Laura: Anak Muda Potensial Jadi Pemimpin

Pria berkaca mata yang menyukai buku-buku Khalil Gibran ini sepertinya memang menyukai segala sesuatu yang indah. Bunga yang identik dengan keindahan dan keharuman, dan sekarang ikan cupang yang selalu berlenggak-lenggok memamerkan keindahan tubuhnya dari balik kaca. (hms/adi)

Leave a Reply