Pasca Bom Bunuh Diri, Desus 88 Tangkap 3 Wanita di Makassar Diduga Teroris

“Updatenya bertambah tiga tersangka. Mereka adalah perempuan, MM, M, dan MAN,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (30/03/2021).

MAKASSAR, NESURBAN.ID — Pasca insiden bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (29/03/2021).

Tim Detasemen Khsusus (Densus) 88 kembali menangkap tiga orang terduga teroris semunay berjenis kelamin perempuan. Total, dalam operasi penangkapan di Makassar, Densus 88 telah menangkap tujuh orang.

Baca juga: Densus 88 Geledah Rumah Terduga Pelaku Bom Gereja Katedral Makassar

“Updatenya bertambah tiga tersangka. Mereka adalah perempuan, MM, M, dan MAN,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (30/03/2021).

Ketiganya, kata Ramadhan, terkait langsung dengan dua pelaku bom bunuh diri Lukman dan Dewi. MM berperan memotivasi pelaku untuk melakukan amaliah, bahkan ikut mensurvei lokasi bom bunuh diri.

“Artinya sudah direncanakan titik dilakukannya aksi amaliah,” ungkap Ramadhan.

Baca juga: Pasca Bom Bunuh Diri di Katedral, Polri Amankan 5 Bom Aktif dan Tangkap 13 Terduga Teroris

Kemudian M kakak ipar dari terduga teroris berinisial SAS yang lebih dahulu ditangkap. Mereka sama-sama mengikuti kajian di Villa Mutiara Makassar.

Selanjutnya, MAN berperan memantau L dan YSF saat melakukan aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar. Dia pun mengetahui kalau L dan YSF menggunakan motor saat melancarkan aksinya.

Baca juga: Masyarakat Diminta Waspada, JK: Kemungkinan Ada Aksi Teror Serentak

“Jadi untuk sementara ini pengembangan di Makassar, tujuh orang dalam proses penyidikan, kemudian meninggal dua orang,” pungkas Ramadhan.

Sebelumnya, Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri (Densus 88) menggeladah rumah kontrakan L, terduga bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, di Jalan Tinumbu, Kecamatan Bontoala, Senin (29/3/2021).

Baca juga: Suami-Istri Pelaku Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar Baru Menikah 6 Bulan

Densus 88 bersama Gegana Brimob Polda Sulsel masih melakukan penggeledahan. “Tentunya dengan kejadian ini dari kemarin tim sudah bergerak,” ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E Zulpan kepada wartawan, Senin.

Menurut Zulpan, Densus 88 hingga kini masih terus melakukan pencarian anggota yang diduga terlibat jaringan kelompok teror JAD yang bertanggung jawab dalam insiden ledakan bom bunuh diri tersebut.

Baca juga: Pelaku Bom Bunuh Diri di Katedral Sempat Kirim Surat Wasiat ke Orangtuanya

“Untuk mencari kelompok yang bersangkutan termasuk apabila ada pihak-pihak lain yang menyiapkan bom tersebut. Namun tidak bisa kita sampaikan ke media dulu pagi ini karena tim Densus 88 sedang bergerak bekerja, kami mohon sabar,” tutur Zulpan. (*)

 

2 thoughts on “Pasca Bom Bunuh Diri, Desus 88 Tangkap 3 Wanita di Makassar Diduga Teroris

  1. Pingback: Polri Tangkap Motivator dan Penyandang Dana dalam Aksi Teroris | Newsurban

  2. Pingback: Densus 88 Sudah Menangkap 52 Terduga Teroris di Sulawesi, 7 Wanita dan 45 Pria | Newsurban

Leave a Reply