PLN Ungkap Pertamina Impor Gas LPG Rp60 Triliun Pertahun

“Masyarakat Indonesia berada dalam kondisi imported energy consumption, khususnya LPG yang berimplikasi pada peningkatan impor gas yang nilainya kurang lebih Rp60 triliun dengan subsidi LPG mencapai Rp50 triliun per tahun,” jelas Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini pada konferensi pers penandatanganan MoU dengan Kementerian BUMN dan PUPR, Rabu (31/03/2021).

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini mengungkapkan sebanyak Rp60 triliun dalam setahun Pertamina melakukan impor Gas LPG ke lua negeri. Ini diakibatkan, subsidi LPG yang diberikan pemerintah mencapai Rp50 triliun setiap tahun.

“Masyarakat Indonesia berada dalam kondisi imported energy consumption, khususnya LPG yang berimplikasi pada peningkatan impor gas yang nilainya kurang lebih Rp60 triliun dengan subsidi LPG mencapai Rp50 triliun per tahun,” jelasnya pada konferensi pers penandatanganan MoU dengan Kementerian BUMN dan PUPR, Rabu (31/03/2021).

Padahal, kata Zulkifli, saat ini cadangan listrik PLN mencapai 50 persen, sehingga dapat dioptimalkan untuk penggunaan kompor listrik masyarakat.

Karena itu, ia menilai saat ini adalah momentum bagi PLN untuk mendorong penggunaan kompor listrik. Targetnya pada tahun ini akan ada 1 juta pelanggan PLN yang menggunakan kompor induksi.

Dalam kesempatan sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga menyoroti ketidakefisienan yang ada. Ia menyebut seharusnya kelebihan pasokan PLN dapat dimanfaatkan untuk menekan impor LPG.

Basuki menyebut Indonesia ketinggalan dalam hal pemanfaatan kompor listrik. Pasalnya, di Amerika Serikat (AS) kompor listrik sudah banyak digunakan sejak 1990-an.

Tak seperti konversi dari minyak tanah ke LPG yang sempat ditolak masyarakat karena alasan keamanan, Basuki menyebut konversi ke kompor listrik akan jauh lebih mudah. Selain lebih aman, ia menyebut penggunaan kompor listrik juga lebih murah.

Dari kalkulasi yang dilakukan pemerintah, diklaim bahwa penggunaan kompor listrik mampu menekan biaya hingga 20 persen.

“Rp60 triliun per tahun subsidi itu bukan kecil dan (kompor listrik) itu sumber energi terbarukan yang bersih,” paparnya. (*)

2 thoughts on “PLN Ungkap Pertamina Impor Gas LPG Rp60 Triliun Pertahun

  1. Pingback: Surat Edaran Bupati Adnan Larang PNS dan Usaha Mikro Gunakan LPG 3 Kg | Newsurban

  2. Pingback: Utang Kian Membengkak, Investasi PLN Dipangkas Rp20 Triliun | Newsurban

Leave a Reply