Rusak Puluhan Tahun, Jalan Penghubung Kecamatan Barebbo-Sibulue Bone Tak Pernah Diperbaiki

“Dana itu murni dari masyarakat yang ikhlas bersedekah. Baik itu para pengumpul gabah dan relawan yang sering melintas di jalan ini. Apalagi cuaca saat ini sudah mulai masuk musim panen. Jadi kami berinisiatif memperbaiki dan menambal ulang lubang jalan itu,” ungkap Seorang warga setempat Syamsul Bahri, Jumat (09/04/2021).

 

BONE, NEWSUBAN.ID — Puluhan tahun jalan di Desa Parippung, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, dengan kondisi berlubang tak kunjung diperbaiki oleh Pemerintah daerah.

Ini diketahui akses jalan penghubung antara Kecamatan Barebbo dengan Sibulue, Bone ini, tak pernah ada niat pemerintah kabupaten melakukan perbaikan semenjak masa pemerintahan Amin Syam menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan.

Tak kunjung ada pemerintah melakukan perbaikan jalan tersebut. Maka masyarakat berinisiatif sendiri memperbaikinya, sekaligus menambal jalan berlubang dengan cara mengumpulkan bantuan masyarakat secara swadaya.

Seorang warga setempat Syamsul Bahri mengaku sejak lahir jalan tersebut baru sekali terkena aspal. Saat itu Pak Amin Syam menjadi Gubernur.

Kata Syamsul Bahri, untuk perbaikan jalan itu, agar tidak menimbulakn jiwa. Maka masyarakat mengumpulkan uang sendiri secara iklhas sumpah dananya secara sukarela.

“Dana itu murni dari masyarakat yang ikhlas bersedekah. Baik itu para pengumpul gabah, dan relawan yang sering melintas di jalan ini. Apalagi saat ini sudah mulai masuk musim panen. Jadi kami berinisiatif memperbaiki dan menambal ulang lubang jalan itu,” ungkapnya.

Sementara konfirmasi Sekretaris Pemerintah Kecamatan Barebbo, Andi Ilham Patawari, mengatakan bahwa jalan itu selalu jadi prioritas pengusulan perbaikan oleh Pemerintah Desa setempat.

“Selalu diusulkan di musrembang tingkat Kecamatan ndi (adik). Tapi mungkin sampai saat ini belum juga terealisasi,” katanya.

Andi Ilham mengaku selama dirinya menjabat Kecamatan Barebbo selalu mendapatkan proyek untuk pengaspalan jalan.

“Tahun lalu yang mendapat pengaspalan itu ada di Kelurahan Apala ke Desa Wollangi. Untuk tahun ini di Desa Tallungeng ke Desa Barebbo. Kami juga berharap semoga di Desa Parippung secepatnya akan mendapatkan pengaspalan,” katanya. (Fan/*)

One thought on “Rusak Puluhan Tahun, Jalan Penghubung Kecamatan Barebbo-Sibulue Bone Tak Pernah Diperbaiki

  1. Pingback: Luncurkan Aplikasi Rumah Nutrisi Warga Disarankan Konsumsi Tanaman Herbal | Newsurban

Leave a Reply