UMKM Penerima BLT Tahun Lalu Bisa Dapat Lagi

Pelaku UMKM terdampak pandemi yang sudah menerima BLT tahun lalu, bisa dapat lagi tahun ini. Calon penerima, sudah diusulkan dan sedang diproses.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai Usaha Mikro Kecil Menengah (BLT UMKM) kembali disalurkan.

Anggaran program BPUM tahun ini, rencananya akan menyasar 12,8 juta pelaku usaha mikro yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Penyaluran BLT Desa Tahap I Sudah 90 Persen

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya mengatakan penyaluran BPUM bagi pelaku usaha mikro akan dilakukan secara bertahap sampai dengan kuartal ketiga 2021.

Untuk tahap pertama, kata dia, pemerintah telah menyediakan anggaran sebesar Rp11,76 triliun dengan jumlah 9,8 juta pelaku usaha mikro. Sedangkan anggaran tahap kedua sebesar Rp3,6 triliun akan diberikan kepada 3 juta pelaku usaha mikro.

“BPUM akan disalurkan kepada seluruh pelaku UMKM terdampak pandemi, baik kepada yang sudah menerima tahun lalu, maupun yang belum. Calon penerima yang sudah diusulkan sedang diproses,” ungkap Eddy.

Baca Juga: Program PEN Klaster Perlindungan Sosial Akan Tercapai 100%

Eddy mengakui, bagi yang sudah menerima tahun lalu memang tidak semua akan dapat bantuan tahun ini. “Karena pemerintah melakukan evaluasi terhadap penerima yang tahun lalu ada kekurangan, seperti target yang salah sasaran akan dibersihkan datanya,” jelas Eddy. (#)

Leave a Reply