DPR RI MY Esti Dorong Plt Gubernur Jadikan Tana Toraja Destinasi Wisata Prioritas

Dalam paparannya, Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan Tana Toraja sebagai destinasi wisata nomor dua setelah Bali, namun hingga kini belum menjadi destinasi wisata prioritas.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Anggota Komisi X DPR RI MY Esti Wijayati akan mengawal aspirasi Plt Gubernur Sulawesi Selatan, untuk menjadikan Tana Toraja sebagai destinasi wisata prioritas. Dalam paparannya, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan Tana Toraja sebagai destinasi wisata nomor dua setelah Bali, namun hingga kini belum menjadi destinasi wisata prioritas.

Politisi PDI-Perjuangan itu memastikan Komisi X DPR RI akan mendorong Kementerian Pariwisata untuk menjadikan Tana Toraja sebagai destinasi wisata prioritas.

Baca juga: Selayar Bidik Destinasi Wisata Kelas Dunia

“Karena kalau mendapatkan prioritas, seluruh hal termasuk akses jalan dan yang lain-lainnya menjadi prioritas yang harus diutamakan juga oleh pemerintah pusat, maka kita dorong nanti salah satunya Toraja menjadi salah satu prioritas di Kementerian Pariwisata menjadi skala prioritas,” katanya usai pertemuan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi X DPR RI dengan Plt. Gubernur Sulsel beserta jajaran, di Makassar, Sulsel.

Esti mendapat informasi bahwa para wisatawan tidak menginap di hotel atau penginapan di Tana Toraja, melainkan bermalam di rumah-rumah masyarakat. Oleh karena itu, politisi PDI-Perjuangan tersebut menginginkan masyarakat Tana Toraja mendapatkan pemahaman mengenai destinasi wisata dan sapta pesona.

Baca juga: Gubernur Target Tuntaskan Pembangunan Jalan di Kawasan Destinasi Wisata

“Menurut informasi bahwa salah satu destinasi di sini, termasuk Toraja ini bagaimana masyarakatnya itu atau pengunjung-pengunjungnya itu tidak tidur di hotel-hotel, tetapi lebih kepada tidur di tengah-tengah masyarakat, di rumah-rumah masyarakat. Maka masyarakat harus ditingkatkan pemahaman-pemahaman mengenai destinasi wisata, mengenai sapta pesona, perlu kita berikan secara mendalam kepada mereka,” tutur Esti.

Legislator dapil DI Yogyakarta ini yakin, dengan memberi edukasi tentang destinasi wisata pada masyarakat Tana Toraja dapat meningkatkan kepariwisataan, perekonomian, dan sektor-sektor lain di Sulsel yang memang membutuhkan dukungan. Akibat pandemi Covid-19 tingkat kunjungan wisatawan jadi sangat rendah, sehingga Komisi X DPR RI secara maksimal akan mendukung program Sulsel dapat tercapai dengan baik. (*)

Leave a Reply